Lengserkan Changi, Bandara Hamad Jadi Nomor Satu Versi Skytrax

0
Bandara Internasional Hamad di Qatr. Foto: dohaahmadairport.com

Bandara Internasional Hamad di Qatar baru saja dinobatkan menjadi nomor satu di Skytrax World Airport Awards 2021. Penobatan ini membuat Bandara Internasional Changi Singapura yang bertahan selama delapan tahun harus lengser ke posisi ke-3 dari posisi teratasnya.

Baca juga: Yang Pertama, Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino Raih Peringkat “Bintang Lima Covid-19” dari Skytrax

Yang mana Changi dikalahkan oleh Hamad dan Haneda Tokyo di urutan pertama dan kedua. Dilansir KabarPenumpang.com dilansir dari independent.co.uk (11/8/2021), pemungutan suara publik berlangsung antara Agustus 2020 dan Juli 2021 dengan beberapa pelancong memilih favorit mereka berdasarkan pengalaman sebelum pandemi dan beberapa perjalanan yang lebih baru menurut Skytrax.

Edward Plaisted dari Skytrax mengatakan, pusat perjalanan di seluruh dunia telah terkena dampak pandemi. Tetapi Bandara Internasional Hamad justru tidak terpengaruh oleh perjalanan global dan melanjutkan rencana ekspansi sambil memperkenalkan standar kesehatan dan meselamatan bandara tambahan.

“Sebagai mitra bandara resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, kami berharap Bandara Internasional Hamad sukses dalam membantu menjadi tuan rumah acara besar seperti itu,” ujar Plaisted.

Dia menambahkan, pencapaian ini merupakan upaya tim dan pihaknya memberikan ucapan selamat kepada manajemen, staf dan pemangku kepentingan di Bandara Internasional Hamad yang membantu mewujudkan ini.

Tak hanya itu, Bandara Internasional Hamad juga memenangkan Bandara Terbaik di Timur Tengah, Bandara Terbaik Dunia dalam kategori 25 hingga 35 juta penumpang dan Staf Bandara Terbaik di Timur Tengah. Skytrax juga mengumumkan penghargaan lainnya untuk tahun 2021 yakni Bandara Istanbul dinobatkan sebagai Bandara Paling Berkembang di Dunia, Changi di Singapura memenangkan penghargaan Staf Bandara Terbaik Dunia .

Bandara Internasional Guangzhou Baiyun menjadi BandaraTerbaik di Cina dan Bandara Munich adalah Bandara Terbaik di Eropa. Selain itu ada sau kategori khusus pada penghargaan kali ini untuk mengakui perbaikan yang dilakukan oleh bandara seluruh dunia untuk meningkatkan standar kesehatan, kebersihan dan keselamatan pandemi.

Baca juga: Bandara Internasional Hong Kong Sabet Predikat “Bintang Lima” dari Skytrax

Tak hanya itu Heathrow menjadi satu-satunya di Inggris yang menerima penghargaan dari 39 lainnya. Berikut sepuluh Bandara Terbaik di Dunia, Bandara Internasional Hamad, Bandara Haneda Tokyo, Bandara Changi Singapura, Bandara Internasional Incheon, Bandara Internasional Narita, Bandara Munich, Bandara Zurich, Bandara Heathrow London, Bandara Internasional Kansai dan Hong Kong.