Gegara Covid-19, Korean Air Hapus Layanan First Class (Lagi) Hingga 2021

0
Pesawat Korea Airlines (skift.com)

Sepinya minat penumpang bepergian menggunakan pesawat telah memaksa maskapai nasional Korea Selatan, Korean Air, menghapus layanan first class hingga 2021. Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu, maskapai yang berbasis di Seoul itu juga pernah menghilangkan layanan first class di 76 rute internasional dan menyisakan 27 rute saja (yang masih menjual tiket first class).

Baca juga: Ulang Tahun Ke-50, Korean Air Hadirkan Seragam Vintage Awak Kabin dari Masa ke Masa

Dilansir MSN, adanya keputusan tersebut, praktis, maskapai hanya menyisakan layanan first class di dua rute besar saja, yakni Seoul (ICN) – Los Angeles (LAX) dan Seoul (ICN) – New York (JFK). Kedua rute unggulan tersebut sejauh ini masih ditawarkan maskapai secara, terbang dengan Airbus A380 atau Boeing 747-8, bergantung pada jumlah penumpang. Adapun layanan first class yang dihapus Korean Air, di antaranya rute-rute ke Beijing, Osaka, Hong Kong, Taipei, Bangkok, Singapura, Manila, Hanoi, dan Jakarta.

Meskipun pihak perusahaan belum menjelaskan lebih lanjut, diduga kuat, keputusan Korean Air menghilangkan layanan first class hingga 2021 diakibatkan sepinya penerbangan penumpang belakangan ini. Penyebabnya, apalagi kalau bukan pandemi Covid-19.

Pasalnya, jika di tahun lalu saja, saat pandemi corona belum merebak di dunia, Korean Air telah menghilangkan layanan first class di 76 rute internasional karena kekurangan peminat, bagaimana dengan sekarang? Tentu kondisinya jauh lebih buruk.

Sebagai gantinya, maskapai akan memaksimalkan kursi bisnis yang masih tersedia untuk mengakomodir penumpang premium yang ingin mendapat layanan lebih. Lagi pula, selama ini, layanan first class yang diberikan Korean Air tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan jika dibandingkan dengan kelas bisnis mereka. Sebab, kelas bisnis dan first class menggunakan bangku dan teknologi yang sama.

Di armada Boeing 787-9, misalnya, Korean Air menggunakan Apex Suite di kedua kelas tertinggi itu. Apex suite memiliki monitor televisi berukuran 23 inch dan kursi dengan lebar 21 inch. Begitu pula dengan armada Airbus A330 yang mereka gunakan, kualitas dan jenis bangku serta monitor pada kelas bisnis dan first class-nya juga sama.

Baca juga: Pertama Kalinya, Korean Air Minta Pramugari Cuti Tanpa Dibayar Hingga Setahun Mendatang

Perbedaannya adalah penumpang first class mendapatkan amenities DAVI, layanan makanan, check in, dan KAL Premium Care Service. Sedangkan untuk lounge dan akses naik pesawat, kedua kelas ini mendapatkan prioritas dibandingkan dengan ekonomi.

Dengan perbedaan layanan antara first class dan kelas bisnis yang tak begitu mencolok, tak heran bila banyak penumpang lebih memilih untuk memesan tiket kelas bisnis ketimbang first class. Selain itu, belakangan, kelas bisnis Korean Air juga cenderung mendekati first class, dengan menawarkan kursi private dan layanan lebih.

Leave a Reply