Gegara Puntung Rokok di Toilet, Satu Gerbong Kereta di India Terbakar

0
Satu gerbong kereta Shatabdi Express terbakar akibat puntung rokok (indianexpress.com)

Kereta Shatabdi Express yang dalam perjalanan dari New Delhi ke Dehradun di India mengalami kebakaran di salah satu gerbongnya. Dalam toilet gerbong S5 ini ditemukan adanya puntung rokok atau bidi yang dibuang ke tempat sampah yang juga diisi dengan kertas tisu.

Baca juga: Korban Tewas 23 Orang, 35 Tahun Lalu Terjadi Kecelakaan Kereta Terburuk di Kanada

Dilansir KabarPenumpang.com dari indianexpress.com (20/3/2021), ternyata puntung rokok yang ditutupi tisu tersebut tidak mati. Salah seorang penumpang yang terkena dampak memberikan pernyataan tertulis yang mengatakan bahwa alarm detektor asap berbunyi di gerbong ketika api mulai menyala.

Insiden ini terjadi pada 13 Maret kemarin di dekat Raiwala di Uttarakhand. Hal ini kemudian membuat empat petugas menyelidikinya dan menemukan api berasal dari sisi toilet melalui inspeksi visual.

”Interiornya benar-benar terbakar.… Api mulai dari… WC sisi kiri, kerusakan maksimum ditemukan di lokasi yang sama. Cat bagian wc benar-benar terbakar sedangkan di tempat lain kerusakan lebih sedikit. Juga terlihat lantai toilet retak karena intensitas panas yang tinggi,” kata laporan itu.

Adanya insiden ini kemudian membuat Indian Railway mengatakan akan menindak bila ditemukan penumpang yang merokok di dalam kereta api. Mereka juga mempertimbangkan hukuman berat hingga penangkapan karena merusak properti umum.

“Kami sedang mempertimbangkan hukuman berat. Dalam beberapa kasus, bahkan penangkapan dapat dilakukan karena menyebabkan kerusakan pada properti kereta api umum dan mempertaruhkan nyawa orang lain untuk mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan sesat,” kata seorang perwira senior.

Bagian 167 dari Railways Act menetapkan bahwa siapa pun yang ditemukan merokok di dalam kompartemen meskipun ada larangan atau keberatan dari rekan penumpang dapat dikenakan denda hingga Rs100. Menteri Perkeretaapian Piyush Goyal dalam pertemuan dengan anggota Dewan Kereta Api dan manajer umum zona meminta mereka untuk mengambil langkah proaktif untuk membuat penumpang peka terhadap merokok di kereta dan juga mendesak agar penumpang yang melakukan kesalahan harus dicegah dari menimbulkan risiko bagi orang lain dengan merokok di kereta.

Baca juga: Kereta di Rumania Terbakar, Diduga Akibat Korsleting

“Kereta api akan memberantas rokok di kereta api. Kebakaran kemungkinan besar dimulai di salah satu toilet dan penyelidikan awal mengungkapkan bahwa kebakaran itu kemungkinan besar disebabkan oleh mendidihnya roko /beedi yang dibuang ke tempat sampah. Aliran udara terus menerus dalam gerakan cepat kereta api akan mengipasi itu.

Leave a Reply