Gelombang Kedua, 4 Rangkaian Kereta MRT Jakarta Tiba di Tanjung Priok

0
Kereta MRT tiba di Pelabuhan Tanjung Priok (MRT Jakarta)

Setelah gelombang pertama pengiriman rangkaian MRT tiba di Indonesia pada 4 April 2018, kini gelombang kedua pengiriman yang terdiri dari empat rangkaian/set kereta MRT tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018.

Baca juga: Kereta Pertama MRT Jakarta Sukses Uji Coba Hingga ke Stasiun Cipete

Gelombang kedua kereta MRT Jakarta ini tiba setelah mengarungi lautan menggunakan kapal pengangkut SE Potentia selama kurang lebih 14 hari sejak diberangkatkan dari Toyohashi Jepang pada tanggal 4 Agustus 2018. Setiap rangkaian/set Kereta MRT Jakarta terdiri dari 6 kereta (car), sehingga dalam pengiriman kali ini terdapat 24 kereta (car).

Dikutip dari siaran pers MRT Jakarta, setelah dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, mulai pukul 14:00 WIB, satu per satu kereta baru yang diproduksi oleh Nippon Sharyo Jepang untuk MRT Jakarta tersebut mulai diturunkan dari kapal. Direncanakan pada 19 Agustus malam hingga 27 Agustus malam rangkaian kereta tersebut akan dikirimkan dari pelabuhan menuju Depo MRT Jakarta di Lebak Bulus, dengan 4 kereta (car) untuk tiap pengiriman per malam.

Kedatangan 4 rangkaian/set kereta ini menyusul 2 rangkaian kereta lainnya yang saat ini tengah digunakan dalam System Acceptance Test (SAT). Dengan demikian rangkaian/set Kereta MRT Jakarta saat ini telah berjumlah 6 rangkaian/set. Untuk fase 1 MRT Jakarta (Lebak Bulus – Bundaran HI) akan menggunakan 16 rangkaian/set kereta, dimana 14 dioperasikan sedangkan 2 menjadi cadangan.

Baca juga: Lima Wanita Tangguh Jadi Masinis MRT Jakarta

Secara bertahap, rangkaian-rangkaian kereta akan terus dikirimkan ke Jakarta hingga memenuhi jumlah tersebut dengan jadwal pengiriman rangkaian kereta terakhir pada November 2018. Nantinya pada Maret 2019 mendatang, MRT Jakarta fase 1 akan beroperasi dari pukul 05.00 hingga 24.00 WIB. Untuk rentang waktu kedatang antar kereta di stasiun sekitar lima menit saat jam sibuk dan sepuluh menit di waktu biasa.

Leave a Reply