Geser Gorakhpur, Stasiun Hubballi Bakal Jadi Stasiun dengan Peron Terpanjang di Dunia

0
Stasiun Hubballi akan punya peron terpanjang di dunia (newindianexpress.com)

Stasiun Gorakhpur pada 6 Oktober 2013 mendapat gelar sebagai stasiun dengan peron terpanjang di dunia, dan langsung diajukan ke Guiness Book of Records untuk diverifikasi tingkat dunia. Pasalnya Stasiun Gorakhpur memiliki panjang peron 1,36 kilometer. Namun ternyata akan ada lagi stasiun di India lain yang akan melengserkan gelar itu dari Stasiun Gorakhpur yakni Stasiun Hubballi.

Baca juga: Stasiun Gorakhpur, Punya Peron Terpanjang di Dunia

Stasiun ini memiliki lima peron yang akan ditingkatkan menjadi delapan untuk memudahkan pergerakan kereta. Saat ini peron terpanjang dari peningkatan tersebut sedang dalam tahap akhir dan kemungkinan akan diresmikan oleh Perdana Menteri Narendra Modi dalam waktu dekat. Peron yang diperpanjang adalan peron No. 1 menjadi 1.505 meter, stasiun tersebut akan menggeser stasiun Gorakhpur, di bawah Zona Kereta Api Timur Laut, yang memiliki panjang platform 1.366 meter.

Dilansir KabarPenumpang.com dari newindianexpress.com (21/3/2021) peron No. 1 tersebut awalnya memiliki panjang 550 meter dan dinaikkan seribu meter sehingga menjadi 1.505 meter dan lebar sepuluh meter. Peron terpanjang ini juga dirancang untuk menampung dua kereta sekaligus. Pada track terpanjang ini akan terdapat dua platform yaitu platform No.1 dan platform No.8.

Untuk memfasilitasi penumpang ke platform No.8, pintu masuk ketiga akan dibuka dan adanya stasiun kereta Hubballi ini akan menjadi salah satu dari sedikit stasiun di tanah air yang memiliki tiga gerbang masuk. Menjadi markas besar zona Kereta Api Barat Daya, persimpangan Hubballi belum melihat perkembangan apa pun.

Dalam sepuluh tahun terakhir, banyak pekerjaan pembangunan telah dimulai seperti pintu masuk utama stasiun telah dibangun sebagai stasiun kereta api model. Stasiun kereta api menghubungkan banyak kereta penumpang dan barang setiap hari dari banyak negara bagian. Karena kurangnya platform, kereta seharusnya menunggu di Stasiun Selatan Hubballi dan di jalur Dharwad.

Kepala Humas SWR E Vijaya mengatakan untuk mengatasi masalah peron dan untuk menangani elektrifikasi dan pekerjaan sipil lainnya, SWR telah menyelesaikan renovasi stasiun kereta api dengan biaya Rs 90 crores. Pembangunan platform terpanjang, pembangunan full yard, persinyalan, pekerjaan listrik, pintu masuk ketiga dan pekerjaan sipil lainnya adalah bagian dari proyek tersebut.

Baca juga: Setelah 56 Tahun, Stasiun Bow Street Dibuka Pertama Kali

“Pekerjaan konstruksi platform terpanjang di dunia sedang dalam tahap penyelesaian yang akan memakan waktu selama seminggu. Segera setelah rampung, kantor pusat akan menerima panggilan peresmian peron tersebut,” ujarnya.

Dalam pembangunan untuk peningkatan di Stasiun Hubballi, dana yang dihabiskan sekitar Rs90 crore.

Leave a Reply