Setelah 56 Tahun, Stasiun Bow Street Dibuka Pertama Kali

0
Stasiun Bow Street

Setelah 56 tahun, Stasiun Bow Street untuk pertama kalinya kembali bergabung dengan jaringan kereta api pada 14 Februari lalu. Namun, pada pembukaannya tidak terlalu meriah karena stasiun yang berada di Wales, Inggris tersebut masih berada di bawah penguncian Covid-19 yang ketat.

Baca juga: Ada ‘Kereta Hantu’ di Inggris, Bukannya Seram Tapi Justru Dianggap Boros Biaya Operasional

Meski begitu ada sedikit keriuhan yang terjadi saat layanan dari Machynlleth ke Aberystwyth berhenti untuk menjemput penumpang di desa Ceredigion untuk pertama kalinya sejak 1965. Proyek kereta ini senilai £8 juta untuk membuka kembali stasiun di jalur Kambrium yang menghubungkan Aberystwyth dan Pwllheli ke Birmingham dan Shrewsbury telah berlangsung selama 11 tahun.

KabarPenumpang.com merangkum bbc.com (16/2/2021), Bow Street merupakan stasiun pertama yang dibuka di Wales sejak Pye Corner di Newport lebih dari enam tahun lalu sehingga ini adalah penanda nyata bagi franchise rel Transport for Wales. Tetapi para menteri dan bos kereta api Welsh berharap ini adalah yang pertama dari banyak stasiun di sekitar Wales yang dianggap meningkatkan infrastruktur transportasi umum.

Pada perkiraan sebelum Covid-19, yang dibuat pemerintah Welsh, bahwa Stasiun Bow Street akan menghasilkan 30 ribu perjalanan tahunan dan mengambil 750 ribu kilometer kendaraan dari jaringan jalanan lokal setahun. Ini bisa membantu mengurangi emisi karbon dan masalah kemacetan serta parkir di Aberystwyth yang berdekatan.

Kepala eksekutif Transport for Wales James Price mengatakan, dengan 70 ruang parkir mobil, tempat penampungan sepeda, dan peron 100 meter.

“Terutama pada jam-jam sibuk dan lalu lintas musim liburan puncak menjadi masalah, apalagi kota yang sempit yang hanya memiliki dua jalan masuk dan keluar. Sehingga mudah-mudahan parkir stasiun dan tumpangan baru di pinggir kota dapat mengurangi tekanan pada infrastruktur dan meningkatkan perdagangan lokal,” kata ketua Aberystwyth Business Club John Glasby.

Glasby mengatakan, proyek kereta api yang diinginkan orang di Aberystwyth adalah pembukaan kembali jalur ke Carmarthen dan jalur utama Wales selatan. Tapi itu investasi yang sangat besar dan masif.

Perjalanan antara Aberystwyth dan Carmarthen dengan kereta saat ini memakan waktu sekitar enam jam dibandingkan dengan satu setengah jam di dalam mobil dan jalur tersebut adalah salah satu dari banyak jalur yang ingin dibuka kembali oleh orang-orang Wales.

Untuk diketahui, beberapa orang di desa sebelumnya mengatakan mereka akan terus menggunakan layanan bus reguler dan cepat ke Aberystwyth. Jadi ada beberapa mata iri ke arah Bow Street dari orang-orang yang telah berkampanye untuk sebuah stasiun di desa mereka selama bertahun-tahun. Sebuah kelompok kampanye di Carno di Powys mengklaim perjalanan 27 menit antara Machynlleth dan Caersws adalah “jalur kereta api terpanjang di Wales tanpa stasiun” dan bagian dari alasan mengapa stasiun mereka harus dibuka kembali, lebih dari 50 tahun setelahnya kapak Beeching.

Baca juga: Stasiun London Necropolis, Dulunya Stasiun Pembawa Peti Mati, Kini Diubah Jadi Flat

“Cukup adil untuk mengatakan kami kecewa ketika Bow Street diumumkan akan dibuka. Apalagi ketika kelompok lain seperti kami terus-menerus berkampanye dengan keras dan mendapat dukungan lokal seperti itu. Tapi, di sisi lain, kami berbesar hati melihat stasiun di mana saja dibuka kembali untuk komunitas dan itu memberi kelompok relawan seperti kami harapan untuk terus berkampanye dan mudah-mudahan suatu hari kami akan mendapatkan stasiun kami kembali,” kata sekretaris Carno Station Action Group John Ellison.

Leave a Reply