Gogoro Smartscooter, Skuter Listrik Canggih Berbasis Aplikasi Online

0
Sumber: newatlas.com

Moda bertenaga listrik yang terkenal ramah lingkungan kini tengah gencar menggempur pasar kendaraan konvensional yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Ya, di luar sana sudah banyak perusahaan maupun startup yang mengembangkan moda bertenaga listrik, salah satunya adalah Gogoro, startup yang mulai menggaungkan skuter listrik di Taiwan. Kira-kira, fitur apa saja yang dihadirkan Gogoro pada moda bertenaga listrik yang dilabeli skuter pintar ini, ya? Sebagai informasi, Taiwan merupakan negara yang dikenal sebagai pelopor skuter matic (skutic) di dunia.

Baca Juga: Strator Ride, Otoped Listrik Beroda Besar Siap Masuki Moda Alternatif Perkotaan

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (8/7/2019), skuter listrik ini mengandalkan baterai swappable yang dapat dituker di setiap pos yang akan tersedia di setiap penjuru kota – dimana ini akan memungkinkan para pengguna untuk tetap bisa berkeliling kota dengan menggunakan Gogoro Skuter.

Sebelumnya, Gogoro telah sukses mengembangkan skuter ini di Taiwan hingga booming dan mengekspansi pasar Eropa. Gogoro 1 Smartscooter merupakan moda pertama yang dikembangkan pada tahun 2015yang ditujukan untuk transportasi publik. Sementara moda kembangan yang kedua adalah Gogoro 2 Smartscooter yang dirilis pada tahun 2017 yang lalu, dimana moda ini bisa menembus kecepatan hingga 95 km per jam dan jangkauan maksimal hingga 100 km (apabila dikemudikan dengan kecepatan 40 km per jam konstan).

Sumber: newatlas.com

Namun kini Gogoro kembali menuju root awalnya dan menambahkan pembaruan terhadap moda kembangannya ini. Adapun pembaruan yang dilakukan oleh pihak pengembang adalah dari segi pemesanan moda, dimana pengguna Gogoro Smartscooter ini bisa memesannya via aplikasi online. Melalui aplikasi ini juga, para pengguna pun dapat memantau lokasi dari skuter, lengkap dengan kapasitas baterai yang tersisa di dalamnya.

“GoShare merupakan integrasi dari Gogoro Network, Gogoro Smartscooter, dan GoGo App dalam upayanya untuk menghadirkan layanan first end-to-end mobility sharing platform,” ujar Horace Luke selaku CEO dari Gogoro.

Baca Juga: OjO, Skuter Listrik Hasil Kolaborasi Austin Commuter Scooter

Namun pada akhirnya, layanan ini akan sama seperti platform berbagi mobilitas lainnya – seperti Bird and Lime, dimana para pengguna akan dapat menjumpai setiap pos pengisian listrik dan peminjaman moda ini di berbagai titik di suatu kota.

Adapun tujuan dari hadirnya Gogoro Smartscooter ini tidak hanya sebagai platform penyedia jasa berbagi mobilitas saja, melainkan sebagai solusi yang berkelanjutan untuk problematika mobilitas di perkotaan.

 

 

Leave a Reply