Strator Ride, Otoped Listrik Beroda Besar Siap Masuki Moda Alternatif Perkotaan

Sumber: newatlas.com

Selain sepeda motor, moda transportasi aleternatif yang kini tengah digandrungi oleh banyak orang adalah skuter listrik dengan roda yang besar – tidak berlaku di Indonesia yang tetap ‘mengagungkan’ sepeda motor. Di California, Amerika, seorang desainer produk sekaligus pemain skateboard Nathan Allen mulai mencoba untuk terjun ke bisnis moda transportasi alternatif yang kini tengah naik daun – dan sudah pasti ramah lingkungan.

Baca Juga: Renault EZ-Pro, Solusi Moda Pengantar Paket dari Masa Depan

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (16/10/2018), adalah Strator Ride, moda alternatif yang dirancang oleh Nathan Allen memiliki bentuk seperti otoped yang memiliki ban besar dan stang yang bentuknya mirip seperti huruf L terbalik. Nathan menggunakan kerangka tubular baja chromoly berlapis-lapis sebagai bahan utama dari Strator Ride.

Moda ini sendiri menggunakan rear motor hub 1.000watt yang dimana mampu membuat Strator Ride melaju hingga kecepatan 40 km per jam. Untuk masalah daya, Nathan menawarkan dua pilihan baterai yang dapat dipilih oleh calon pembeli – 10-Ah atau 20-Ah 48v. Makin tinggi kapasitas baterai, maka semakin jauh pula jarak tempuh dari Strator Ride (10-Ah 48v mampu menempuh jarak hingga 16km, sedangkan 20-Ah 48v mampu menempuh jarak hingga 32 km).

Moda seberat kurang lebih 41kg ini mampu menangkut penumpang dan barang bawaannya dengan berat hingga 118kg. Untuk sistem pengereman, Straror Ride menggunakan rem cakram hidrolik yang terletak pada roda depan. Fitur lain yang juga tersemat di stang Strator Ride ini selain rem tadi adalah indikator baterai, klakson, dan throttle arming.

Dari sekian banyak keuntungan dari menggunakan moda ini, satu hal yang tidak ditemukan adalah lampu untuk berjalan di malam hari. Nampaknya Anda harus melengkapi kekurangan dari moda ini dengan cara membeli lampu portable berdaya baterai untuk menjamin keselamatan Anda ketika berkendara – terutama ketika malam hari. Kendati pihak Strator menawarkan fitur lampu LED, namun itu ditawarkan secara terpisah, dimana Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan salah satu instrumen utama dalam sebuah moda transportasi.

Baca Juga: Mylo Electric Scooter, Moda Lipat Futuristik Mahakarya PIM Bicycles

Bagi Anda yang tertarik dengan moda ini, kiranya Anda harus bersabar karena perusahaan masih mengupayakan Strator Ride untuk masuk ke dalam salah satu subyek kampanye Kickstarter. Untuk rincian harga dan lain-lain, perusahaan masih enggan memberi bocoran lebih lanjut.