GoJek Beri Kemudahan, Pengguna Bisa Proteksi Saldo GoPay dengan Berbagai Cara

0

Kehilangan saldo GoPay karena di retas? Kejadian seperti ini sepertinya bukan baru sekali terjadi bahkan sudah sering. Baru-baru ini kembali booming dikarenakan saldo Gopay Aura Kasih sebesar Rp11 juta raib begitu saja.

Baca juga: GoFood dan GoPay Kini Jadi Andalan GoJek Selain “Ride Hailing”

Pihak KabarPenumpang.com pun pernah hampir menjadi korban retas oknum yang mengatasnamakan GoJek. Biasanya para pelaku ini mengaku dari GoJek dan meminta kode on time password atau OTP yang dikirim melalui pesan singkat di ponsel pengguna.

Nantinya setelah pengguna tersebut memberikan kode OTP itu maka oknum akan menguasai akun GoJek milik pengguna sebelumnya. Bisa dikatakan, sebenarnya masalah ini bukanlah salah pihak GoJek, melainkan pengguna aplikasi yang tidak jeli dan paham dengan hal yang sudah dibuat oleh pihak GoJek.

Bahkan pengguna aplikasi bisa memproteksi diri dengan berbagai hal kemudahan yang diberikan oleh startup ride hailing tersebut. Jadi bagaimana agar saldo GoPay tak mudah hilang karena di retas oknum yang mengatasnamakan Gojek? KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber di mana pihak GoJek dari tim GoPay mengimbau kepada pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun.

“Dengan kamu membagikan kode OTP atau verifikasi ke orang lain, sama saja kayak kamu memberi orang lain akses ke dalam akun Gojek kamu. Akibatnya, mereka bisa menyalahgunakan akunmu. Ingat ya, kode ini penting sekali [sepenting PIN kartu ATM kamu]. Jangan sekali-sekali disebar ke orang lain,” tulis perwakilan GoPay di blog resmi GoJek.

Tak hanya menjaga kerahasiaan kode OTP, banyak cara untuk mengamankan akun GoPay yakni dengan menggunakan PIN. Untuk membuat PIN ini pengguna masuk ke halaman GoPay dan pilih menu lainnya, kemudian klik gambar ‘Kamu belum bikin PIN.’

Nanti akan ada arahan pengguna memasukkan PIN dua kali dan pihak GoPay akan mengirim kode verifikasi ke nomor ponsel pengguna untuk menyelesaikan pembuatan PIN. Selain itu juga bisa menggunakan email dan nomor ponsel yang digunakan.

Ketika membuat akun GoJek, pengguna akan memasukkan alamat email dan nomor ponsel yang sering digunakan untuk berkomunikasi. Gunanya untuk memudahkan Customer Service GoJek untuk menghubungi pengguna bila ada masalaj pada akun.

Baca juga: Beri Nama Anak “Gopay,” Keluarga ini Dapat Saldo Rp500 Ribu Per Bulan dari Gojek

Apalagi setiap penggunaan transaksi dari isi saldo, transfer saldo ke pengguna GoPay lain memerlukan nomor ponsel yang terdaftar di akun GoJek. Jangan lupa untuk menyimpan kontak resmi GoJek untuk Customer Service di nomor 1500304 atau email cs@go-pay.co.id, sehingga bila ada masalah pengguna bisa langsung menghubungi nomor-nomor tersebut.

Leave a Reply