Habiskan Rp10 Juta, Pria Asal Malaysia Ubah Daihatsu Hijet S85 Jadi Campervan

0
Mohd Asri Mohd Nawawi memiliki rencana untuk bepergian ke seluruh negeri dengan Daihatsu Hijet-nya (nst.com.my)

Mobil van saat ini banyak yang diubah bagian dalamnya dan digunakan sebagai campervan atau mobil camping. Biasanya di Bali atau beberapa daerah di Indonesia ada yang menyewakan campervan ini untuk pelancong yang ingin menikmati alam tetapi tidak mau repot mendirikan tenda.

Baca juga: Butuh Kabin Mobil Tambahan untuk Piknik? Kabin Pop-Up CARSULE Mungkin Bisa Jadi Solusi

Nah, seorang pria bernama Mohd Asri Mohd Nawawi, mengubah mobil mini van Daihatsu Hijet S85 hijaunya. Dulunya mobil milik Asri digunakan untuk menjual barang di pasar malam dan kini menjadi campervan. Dilansir KabarPenumpang.com dari nst.com.my (7/2/2021), Pria asal Kroh, Perak, Malaysia ini mengatakan membangun campervannya dari nol setelah mempelajari trik dari YouTube.

Bagian dalam campervan Mohd Asri Mohd Nawawi

“Saya suka menonton orang-orang di negara lain membuat konversi campervan di YouTube. Ini menginspirasi saya untuk membuatnya, tetapi harus sesuai dengan kondisi kehidupan kita. Ketika saya membeli van ini secara online di Kajang pada bulan November, van itu kosong dan mesin serta pintunya harus diperbaiki sebelum dapat dibawa kembali ke Perak,” ujar Asri.

Tak hanya mengubah mini van miliknya, dia pun membuat video berjul “CamperHijet” yang dibagikan di Aceyie Channel di YouTube untuk memberikan semangat dan ide kepada para pecinta campervan serta mengenalkannya sebagai hobi kepada orang lain.

“Saya menikmati pertukangan, meskipun saya tidak memiliki pengalaman di dalamnya. Tergantung bujet Anda, pemakaiannya dan seberapa nyaman yang Anda inginkan,” ujar Asri yang berprofesi sebagai pemandu wisata di Pulau Perhentian, Terengganu sejak 2014.

Pria berambut gondrong ini mengaku, campervan miliknya dibangun dengan menghabiskan dana senilai RM3.000 atau sekitar Rp10,3 juta. Campervan miliknya ini seperti rumah mobil karena memiliki ruang santai, tempat tidur, lemari, tirai, kipas ventilasi, sistem tenaga surya untuk menghasilkan listrik dan penyimpanan kargo di atap.

Asri mengatkan, bagian belakang campervan miliknya dilengkapi dengan lantai kayu lapis dan kursi penumpang belakang yang portabel.

“Saya lebih suka layout yang simpel dan rapi karena saya suka traveling solo. Tapi, van ini bisa menampung dua orang,” katanya.

Baca juga: Damri Camper Site Resort, Hotel Unik dari Bus Tua

Asri mengaku, membutuhkan waktu selama enam minggu untuk memodifikasi van miliknya tersebut. Dia mengatakan, bermaksud melakukan perjalanan sendirian ke seluruh negeri dengan campervannya. Untuk diketahui, Daihatsu Hijet s85 merupakan generasi ketujuh Hijet.

Leave a Reply