Hadapi Penumpang “Nakal,” Inilah Jurus Bela Diri Tangan Kosong ala Pramugari

0
Awak pesawat diajari gerakan pertempuran agresif untuk memerangi penumpang yang mengganggu (the-sun.com)

Berbagai macam kelakuan penumpang sering kali harus dihadapi oleh awak kabin dalam sebuah penerbangan. Karena alasan tersebut, maka rasanya para awak kabin khususnya yang wanita (pramugari) harus memiliki keterampilan untuk bela diri.

Baca juga: Kerap Dijadikan Objek Pelecehan Seksual, Perlukah Pihak Maskapai Tambah ‘Kurikulum’ Bela Diri Terhadap Awak Kabin

KabarPenumpang.com melansir the-sun.com (20/7/2021), biasanya bela diri yang diajarkan ke pramugari adalah teknik menampar telinga, menusuk mata dan menendang selangkangan untuk membela diri dari para penumpang nakal. Insiden yang menggangu penerbangangan dalam beberapa tahun terakhir meningkat karena alasan salah satunya minuman beralkohol gratis sampai ketidaksepakatan tentang aturan dalam protokol Covid-19.

Di Amerika Serikat, teknik bela diri dengan jurus-jurus tersebut telah diajarkan dalam sesi pelatihan bagi anggota awak kabin untuk mempelajari gerakan pertahanan diri dari serangan yang agresif. Pelatihan ini dirancang untuk pertarungan jarak dekat, karena kabin yang kecil sehingga tidak banyak gerakan yang bisa dilakukan.

“Gerakan khusus ini dirancang karena Anda tidak ingin terlibat dalam pertarungan yang panjang dan berlarut-larut,” kata mantan pelatih Scott Armstrong.

Kelas gratis pelajaran teknik bela diri untuk awak kabin telah berlangsung sejak 2001, yaitu pasca serangan teror 11 September 2001, tetapi terpaksa dihentikan karena pandemi Covid-19, meskipun Otoritas Keamanan Transportasi (TSA) telah melanjutkannya kembali. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) melaporkan telah terjadi 3.420 insiden “penumpang nakal” tahun ini, sebagian besar karena mengabaikan aturan penggunaan masker.

Denda untuk penumpang yang melanggar aturan sangat tinggi, dengan FAA mengeluarkan denda $682 ribu tahun ini. Bulan lalu, sebuah penerbangan Delta terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah seorang penumpang mencoba masuk ke kokpit, dan didenda $52.500.

Seorang penumpang Jet2 dipenjara bulan ini, setelah dia dikunci di toilet pesawat saat menyerang awak kabin dan bahkan mencoba menggigit awak kabin wanita. Salah satu dari 165 penumpang dalam penerbangan itu mengatakan mereka “trauma” dengan insiden itu dan “masih mengalami mimpi buruk”.

Baca juga: Antisipasi Perkelahian di Kabin, Awak Kabin Seyogyanya Harus Bisa ‘Bela Diri’

Sarah Nelson, presiden Asosiasi Internasional untuk Pramugari (AFA), menyerukan kelas menjadi wajib untuk pelajaran teknik bela diri, ia mengklaim awak pesawat telah menjadi “kantong tinju literal” bagi penumpang, dengan beberapa bahkan meninggalkan pekerjaan mereka karena tekanan psikologis.