Ponsel Mati dalam Perjalanan Menggunakan Kereta di Jepang? Jika Pakai iPhone Cek Tips ini

0
Jurnalis soranews24.com, Ahiruneko yang menjadi korban ponsel mati di Jepang ketika naik kereta JR East (soranews24.com)

Melakukan pembayaran transportasi seperti kereta api hanya dengan menscan kode QR dari ponsel menjadi hal yang paling mudah saat ini. Salah satunya di mana penumpang tidak perlu mengantre untuk membeli tiket dan langsung masuk ke gerbang menuju peron kereta tujuan.

Baca juga: Bikin Sensasi, Idola Muda Jepang Pamer Kekuatan Tarik dan Lepas Kereta di Stasiun

Namun bagaimana jika setelah men-scan kemudian melakukan perjalanan dan baterai ponsel mati karena lupa di charger padahal ketika keluar harus kembali men-scannya? Di Jepang, bila ini terjadi, maka petugas akan menyuruh penumpang untuk membayar ongkos secara tunai agar bisa melewati gerbang.

Tetapi meski bebas dari batasan peron stasiun, masih ada masalah perjalanan yang tidak ditutup di aplikasi seluler. Sebab, jika penumpang menggunakan kode QR untuk pembayaran menggunakan ponsel lagi, akan menyebabkan kesalahan di gerbang tiket.

Tak hanya itu, bila menambahkan saldo ke ponsel pun tetap akan ada masalah. KabarPenumpang.com melansir soranews24.com (14/7/2021), untuk membantu masalah itu, petugas kereta api Jepang akan menyerahkan secarik kertas dengan tulisan “PASMO/Suica memproses kontak formulir” di bagian atas, dan menyuruh penumpang untuk menyerahkan kepada staf stasiun, bersama dengan iPhone-nya, agar catatan entri dihapus sekali setelah baterai ponselnya terisi.

Itu adalah proses yang sedikit rumit, dan seorang jurnalis soranews24.com, Ahiruneko yang menjadi korban ponsel mati di Jepang ketika melakukan perjalanan dan mendapat hal itu dari petugas merasa sayang sekali dia tidak bisa langsung memperbaiki catatan perjalanannya di ponselnya. Namun, begitu dia kembali ke kantor dan menyelidiki lebih lanjut masalah ini, dia menemukan ada cara yang lebih mudah untuk memperbaiki masalah, dan itu telah menatap wajahnya selama ini.

Menurut situs resmi Perusahaan JR East, Ahiruneko bisa saja keluar dari stasiun tanpa harus berkonsultasi dengan staf stasiun, karena ada bagian yang berbunyi, “Untuk perangkat dengan opsi daya baterai cadangan, jika Suica diatur sebagai kartu ekspres, Suica sendiri dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu (bahkan jika dikatakan baterai perlu diisi).”

Hal ini berarti Ahiruneko bisa keluar dari stasiun hanya dengan memegang iPhone miliknya yang sudah diisi baterai di gerbang tiket. Rupanya, “mode Cadangan Daya” diperkenalkan dengan iOS 12, dan ini hanya menyimpan daya yang cukup di ponsel Anda untuk mendukung transaksi Kartu Ekspres selama sekitar lima jam dengan baterai yang tampaknya mati.

Sayangnya, layanan ini tampaknya terbatas pada beberapa iPhone, tetapi untuk melihat apakah itu berfungsi pada iPhone, cukup tekan tombol samping pada iPhone saat baterai habis, dan jika melihat pesan muncul di layar yang mengatakan Anda masih bisa menggunakan Kartu Ekspres, Anda akan dapat menggunakan kartu di Apple Wallet, seperti kartu transit yang sangat penting itu.

Baca juga: Awas Culture Shock, Berikut 7 Panduan Naik Kereta di Jepang

Untuk diketahui, selama Anda tidak mematikan ponsel secara manual, mode daya cadangan ini dapat diakses, catatan ini bisa untuk referensi di masa mendatang. Dia terkejut mengetahui teleponnya memiliki kekuatan seperti itu, dan setelah bertanya di sekitar kantor untuk melihat apakah pemilik iPhone lain tahu tentang fitur ini, dia menemukan bahwa hanya dua dari sekitar selusin orang yang mengetahuinya.