Hadirkan Drivetrain Baru, Proterra Janjikan Akselerasi Sempurna Nan Ramah Lingkungan

Sumber: newatlas.com

Sebuah perusahaan manufaktur asal Amerika yang berfokus pada perancangan dan pembuatan kendaraan nol emisi, Proterra, baru-baru ini memperkenalkan salah satu inovasi teranyarnya yang mampu membuat bus listrik menjadi lebih efisien dalam pengoperasiannya. Drivetrain DuoPower yang dirancang khusus untuk bus bertenaga baterai, Catalyst ini diperkenalkan dalam pertemuan tahunan dengan American Public Transit Association (APTA), Senin (9/10/2017) kemarin.

Baca Juga: Catalyst E2, Bus Otonom Mampu Berjalan 966 Km Dalam Sekali Charge

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman proterra.com (9/10/2017), penggunaan drivetrain DuoPower ini mampu membuat bus Catalyst memiliki tenaga dan akselerasi hampir dua kali lipat dari bus lainnya. Tidak hanya itu, dengan menggunakan drivetrain DuoPower, bus Catalyst akan menjadi lima kali lebih efisien ketimbang bus diesel standar yang beroperasi di luar sana. Ditambah dengan kinerja drivetrain DuoPower mewakili peningkatan 20 persen efisiensi melalui sistem ProDrive standar milik Proterra.

Untuk Catalyst E2 max, drivetrain DuoPower memungkinkan bus menjangkau jarak 426 mil atau setara dengan 686 km, hanya dengan sekali charge. Baru-baru ini juga Proterra baru saja menguji sistem drivetrain DuoPower yang mereka kembangkan di Navistar Proving Grounds di Indiana, dimana Catalyst E2 max mampu menempuh jarak 1.101,2 mil (1771km) hanya dengan sekali charge. Jarak tempuh tersebut pun tercatat di buku rekor dunia sebagai jarak terjauh yang pernah ditempuh oleh kendaraan listrik dalam sekali charge.

Setelah menelurkan baterai padat energi, Proterra kini seolah menetapkan standar tinggi untuk efisiensi dan kekuatan sebuah moda listrik. Drivetrain DuoPower milik Proterra memiliki dua motor listrik yang mampu menghasilkan 510 tenaga kuda, dan juga meningkatkan akselerasi dari bus Catalyst, dimana bus listrik tersebut mampu meningkatkan kecepatan dari 0 hingga 20 mph hanya dengan 4,5 detik saja.

Baca Juga: Luncurkan Electric Vehicle, Renault Janjikan Tempuh 279 Km Sekali Charge

“Hadirnya drivetrain DuoPower milik Proterra membuka peluang untuk menghadirkan rute baru. Sebut saja rute antara Salt Lake City dan Park City melalui Parleys Canyon, itu merupakan jalur penting bagi kami, dan kini dengan hadirnya drivertrain baru tersebut, rute itu bisa ditempuh dengan menggunakan bus listrik,” ungkap ketua tim operasi Park City Transit, Destry Pollard. “Kami terkesan dengan inovasi ini, dimana Proterra tidak hanya mempertimbangkan medan pegunungan yang kami tempuh, tetapi juga menjaga kualitas udara di Park City,” imbuhnya.

Pada awalnya, Proterra hadir dengan membawa teknologi EV ke industri transit, dan membuktikan bahwa teknologi mereka mampu bersaing  dengan moda berbahan bakar fosil, dan mampu mengalahkan eksistensi dari bus diesel di sebagian kota. “Kami terus melakukan inovasi, dan hari ini kami mengumumkan sebuah drivetrain yang benar-benar mengungguli mesin berbahan bakar diesel atau CNG internal di setiap kategori kinerja utama, seperti efisiensi, keandalan, percepatan, dan daya tempuh medan,” ungkap CEO Proterra, Ryan Popple. “Bagi pelanggan yang menginginkan armadanya memiliki kecepatan, kekuatan, efisiensi dan keandalan terbaik, drivetrain DuoPower untuk Electric Vehicle adalah jawabannya.” Tutup Ryan seraya mempromosikan inovasinya tersebut.