Halau Gajah dari Lintasan Rel, Indian Railways Gunakan Suara Dengungan Lebah

(Life and More)

Sejak tahun 2013 hingga Juni 2019 ini, sudah 70 ekor gajah dilaporkan tewas karena tertabrak kereta api. Gajah-gajah ini tewas sebagain besar di daerah Assam dan Benggala Barat. Karena kematian gajah-gajah tersebut, akhirnya Indian Railways berusaha menemukan cara baru untuk mengusir kawanan gajah saat kereta akan melintas.

Baca juga: Halau Rusa di Jalur Kereta, Peneliti Jepang Pasang Klakson Suara Anjing Melolong di Lokomotif

Cara baru tersebut adalah dengan memutarkan suara lebah untuk menakuti gajah-gajah. Ada 50 amplifier yang berdengung sebagai ‘Plan Bee’ di berbagai jalur kereta api dekat koridor gajah di hutan Assam dimana hampir enam ribu ekor gajah tinggal.

“Kami sedang mencari cara untuk menghentikan gajah datang ke rel dan petugas kami datang dengan perangkat ini,” Pranav Jyoti Sharma, juru bicara Indian Railways.

Dia mengatakan, dengungan lebah tersebut akan dinyalakan saat kereta mendekati titik-titik rawan dan bisa terdengar sejauh 600 meter. Sebelum digunakan pada gajah liar, tahun 2017 lalu, perangkat ini sudah diuji efisiensinya pada gajah jinak.

Kemudian dilakukan uji kepada gajah liar hingga akhirnya digunakan seutuhnya pada 2018. KabarPenumpang.com melansir laman ndtv.com (10/7/2019), pendektan baru ini bahkan sudah memenangkan penghargaan dari ahli konservasi hewan untuk ide inovatif terbaik dari kereta api India untuk Northeast Frontier Railway (NFR).

Penggunaan suara dengungan lebah sendiri dikarenakan gajah takut dengan suara dan sengatan lebah. Bahkan penduduk desar di Kerala menggunakan sarang lebah sebagai pagar untuk menakut-nakuti gajah perusak. Sehingga saat gajah menyentuh pagar, lebah di dalam sarang akan keluar dan mempertahankan sarang mereka.

Ada peningkatan konflik manusia dan hewan di seluruh negeri yang oleh para konservasionis menyalahkan penyusutan habitat hewan-hewan liar. Hampir 2.300 orang telah dibunuh oleh gajah dalam lima tahun terakhir, menurut angka resmi yang dirilis pada Juni.

Baca juga: Asik Berlenggak-lenggok di Rel, Satu Keluarga Angsa Buat Kereta Api Tertahan 30 Menit

Gajah-gajah juga membayar mahal dengan sekitar 700 kematian dalam delapan tahun terakhir. Sebagian besar terbunuh oleh pagar listrik, diracuni atau ditembak oleh penduduk setempat yang marah pada anggota keluarga yang terbunuh atau tanaman dihancurkan, dan kecelakaan pada jalur kereta api.

Sebelumnya Jepang memasang klakson suara anjing melolong pada lokomotif untuk menghalau rusa di jalur kereta. Hal ini dikarenakan banyak rusa liar yang berdiri di rel.