Halte Bus 3D Pertama di Dunia, Ternyata ada di ‘Kota Kuno’ Shanghai

0
Halte 3D pertama di dunia

Berbagai macam halte bus hadir kehidupan feri di berbagai negara. Bukan hanya memberi perlindungan dan kenyamanan tetapi juga dibangun cukup artistik sehingga menjadi pilihan tempat foto terbaik.

Baca juga:  Meski Sepi Pengunjung, Konagai Punya Halte Bus Berbentuk Buah

Seperti di Jepang yang punya halte bus berbentuk buah. Selain itu juga di beberapa negara yang menghadirkan halte bus yang dilengkapi dengan penyaring udara untuk pencegahan virus corona di masa pandemi ini.

Halte 3D di kota kuno Shanghai yang dilengkapi dengan bangku bulat

Seperti di Shanghai, Cina yang memberikan contoh dalam menggunakan teknologi pencetakan 3D. Di mana teknologi ini digunakan dalam infrastruktur pembangunan yakni halte bus cetak 3D pertama di dunia di sebuah kota kuno Cina.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman people.cn, halte bus cetak 3D tersebut memiliki desain Lingkaran tertutup yang unik. Selain itu di dalam halte dilengkapi dengan dua bangku bundar yang dipasang pada bingkai persegi panjang abu-abu.

Bahkan pada halte ini, tanda cetakan asli masih tetap ada yang memungkinkan pengamat untuk melihat bagaiman struktur tersebut dibuat lapis demi lapisnya. Tak hanya itu, halte ini pun menggunakan bahan baku berwarna abu-abu yang mana merupakan bahan daur ulang dari bangunan yang sebelumnya dihancurkan.

Sehingga bisa dikatakan halte 3D milik kota kuno Shanghai adalah bangunan ramah lingkungan. Pemilihan warna dan bahan baku ini juga ternyata dipilih agar sesuai dengan gaya kota kuno Fengjing, Shanghai.

Meski tak berwarna dan bentuknya pun sederhana, nyatanya struktur halte 3D ini menarik minat. Hal ini karena belum pernah ada halte seperti itu sebelumnya.

Baca juga:  Halte Bus di Yerusalem Diubah Jadi Perpustakaan Tiga Bahasa

Kehadiran halte ini pun membuat Pemerintah Fengjing secara aktif mempromosikan inovasi bisnis dan teknologi untuk digunakan dalam infrastruktur daerah. Untuk diketahui, tidak hanya satu tetapi ada 16 halte 3D lainnya yang dihadirkan untuk memulai layanan di kota dan harapannya akan lebih banyak lagi.

LEAVE A REPLY