Halte di Jalan Sudirman Tertutup Rumput, Warga Ramai di Media Sosial, Ini Kata Gubernur DKI

Halte Jalan Sudirman sebelum dan sesudah di komentari warga

Desain pedestrian dengan ruang hijau yang berada di sepanjang Jalan Sudirman bisa dikatakan gagal. Ini dikarenakan pejalan kaki harus menunggu di pinggir jalan raya hanya untuk mendapatkan angkutan umum, sebab jarak halte dengan jalan raya terhalang jalur hijau sekitar lima meter.

Baca juga: Punya Lebar Trotoar 12 Meter, Beginilah Tampilan Jalan Jenderal Sudirman Nantinya

Bukan hanya menyusahkan, para pejalan kaki yang juga pengguna angkutan umum harus rela memutar lebih jauh bahkan tertinggal kendaraan yang akan ditumpangi. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, dimana banyak warganet yang membicarakan masalah halte serta trotoar terhalang jalur hijau.

Bahkan masalah ini membuat pengamat tata kota Yayat Supriyatna angkat bicara. Dia mengatakan, adanya pembangunan jalur hijau yang menutupi akses halte dengan bus adalah bentuk kegagalan pemahaman bagaimana membangun struktur ruang yang tidak memahami bentuk perilaku yang ditimbulkan.

Yayat sendiri menduga adanya kesalahan dalam desain trotoar tersebut dan pembuatannya tidak dikonsultasikan dengan Dinas Perhubungan serta operator angkutan. Dengan adanya masalah ini dan ramai di bicarakan di media sosial oleh warganet, akhirnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan trotoar rumput yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman bersifat temporer selama Asian Games 2018 berlangsung.

“Memang sekarang belum dipasang trotoar keras karena itu masih tanah dan rumput. Itu masih temporer alias hanya sementara,” kata Anies.

Dia juga menegaskan kedepannya jalur tersebut tidak akan menggunakan rumput lagi dan diganti dengan trotoar keras. Anies menambahkan saat ini pihaknya tengah menyiapkan rumput karena lebih mudah dibongkar dan tempat tersebut belum selesai pembangunannya.

Baca juga: Tata Ulang Trotoar Sudirman-Thamrin, Pemprov DKI Jakarta Canangkan #TrotoarKita

Tak hanya itu, setelah mendapat cibiran dari masyarakat yang juga pengguna kendaraan umum, di Jalan Sudirman tepatnya di seberang FX Sudirman sudah dibuat jalan kecil. Ini bisa memudahkan pengguna kendaraan umum yang tidak lagi perlu memutar jauh.

Diketahui, trotoar kawasan Sudirman-Thamrin sendiri sebelumnya sudah disusun oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnam yang rencananya akan dilakukan Desember 2017 lalu. Kemudian Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan merevisi desain tersebut yang akhirnya selesai pada awal Maret 2017 dan melakukan pengerjaannya beberapa waktu setelah desain tersebut selesai.