Hari Ini, 107 Tahun Lalu, Film Dokumenter Pertama yang Diambil dari Udara Terjadi Demi Raja Inggris

0
Royal Yacht Britannia saat bersandar di Pelabuhan Calais, Perancis. Foto: PicClick UK

Pada hari ini, 107 tahun lalu, bertepatan dengan 21 April 1914, film berita atau film dokumenter pertama yang difilmkan atau diambil dari udara terjadi. Ini dilakukan demi dokumentasi Raja Britania Raya, George VI, saat berlayar menggunakan Royal Yacht dari Dover, Inggris, ke Pelabuhan Calais, Perancis.

Baca juga: Mengenal Yvonne Pope Sintes, Mantan Pramugari yang Jadi Pilot Maskapai Wanita Pertama Inggris

Dikutip dari thebioscope.net, pengambilan film dokumenter pertama dari udara ketika itu dilakukan oleh Bentfield Charles Hucks atau B. C. Hucks sebagai pilot dan juru kamera yang tak diketahui identitasnya.

B. C. Hucks diketahui merupakan pilot terbaik Inggris ketika itu yang juga dikenal sebagai inovator penerbangan di awal abad ke-20. Prestasinya cukup mentereng selama berkarir sebagai pilot, salah satunya bergelar pilot pertama Inggris yang melakukan aksi akrobatik di atas pesawat.

Dengan ketokohannya itu, tak heran bila ia sampai dilibatkan dalam misi sulit, mengambil rekaman video dari atas pesawat dalam lawatan sang raja.

Tentu, karena detik demi detik di kehidupan raja sangat bernilai tinggi dan tak bisa diputar ulang, dalam hal ini momen kunjungannya ke Perancis menggunakan Royal Yacht via Pelabuhan Calais, bisa dibilang B. C. Hucks dan kameramennya menjalani misi anti gagal. Apapun dan bagaimanapun kondisinya.

Sebelum mulai menjalani misi sulit tepat pukul 11 siang, ia menyempatkan diri untuk latihan agar kolaborasinya dengan kameramen berjalan baik. Terbukti, di awal proses pengambilan video, semua berjalan sesuai rencana. Namun, 15 menit setelah Royal Yacht berlayar dari Dover, kabut tebal menghalangi pesawat.

Sadar gambar tak bisa diambil, ia pun langsung melakukan manuver untuk mendapatkan posisi terbaik bagi kameramen. Setelahnya, ia membawa pesawat mengelilingi kapal sebanyak tiga kali sampai mendekati Pelabuhan Calais.

Celakanya, momen-momen penting saat kapal sang raja hampir sampai dan berlabuh di pelabuhan tersebut, pesawat justru malah mendapat hantaman angin kencang dan membuatnya melayang-layang di udara. Di posisi ini, kameramen juga kesulitan mengambil gambar yang terbaik dari sudut yang pas.

Kendati demikian, di detik-detik terakhir kapal berlabuh dan sang raja mulai tampil, pesawat berhasil mengambil posisi yang tepat dan misi sukses, gambar berkualitas berhasil diraih oleh kameramen dan beberapa kamera on board yang dipasang di kursi penumpang. Pesawat akhirnya mendarat di Bandara Calais, tak jauh dari lokasi pada jam 12 siang, atau tepat 1 jam usai kapal berlayar dari Dover.

Baca juga: ‘Sultan’ Inggris Ingin Terbangkan Mobil, Jadi Sebab Lahirnya Pesawat Aneh ATL-98 Carvair

Sampai di sini, tak banyak sadar, bahkan pilot B. C. Hucks sendiri, bahwa ia adalah pilot pertama Inggris yang mendarat di Calais. Ia kemudian diberikan kalung bunga dari walikota Calais.

Rekaman video atau film dokumenter itu kemudian serahkan ke Warwick Bioscope Chronicle Film ke markasnya di Charing Cross Road, untuk diedit, dicetak, dan dan dibuat catatan lengkap tentang perjalanan Raja dari London ke Calais. Film dokumenter itu kemudian diputar di Coliseum (sejenis teater milik negara untuk memutar film-film propaganda) dan ditonton oleh pejabat, keluarga kerajaan, dan masyarakat.

Leave a Reply