Harrison “Indiana Jones” Ford Akhirnya Lolos dari Hukuman FAA, Begini Kronologinya

0

Setelah dilakukan penyelidikan terbuka oleh Regulator Penerbangan Sipil Amerika Serikat (FAA), aktor kenamaan Hollywood, Harrison Ford, akhirnya dinyatakan bebas dari hukuman. Pemeran pilot Han Solo di seri film Star Wars dan arkeolog Indiana Jones di Raiders of the Lost Ark dan sekuelnya ini lolos dari jerat FAA setelah menyelesaikan remedial kursus pelatihan runway incursion.

Baca juga: Naik Kelas, Vokalis Iron Maiden Didapuk Jadi Kapten di AU Kerajaan Inggris

Dilansir TMZ, aktor kawakan yang juga aktivis lingkungan ini dikabarkan menyelesaikan pelatihan tersebut dengan baik dan cukup memuaskan. Setelah menimbang, FAA memutuskan menutup buku atas kasus tersebut.

Harrison Ford diketahui terlibat dalam insiden berbahaya di Bandara Hawthorne, Los Angeles pada April lalu. Saat itu, pesawat Cessna N28S-c/n 855 yang ia kemudikan hendak menuju hanggar dengan melintasi runway.

Namun, dari rekaman percakapan, ATC sebetulnya sudah memintanya untuk menunggu sejenak di taxiway mengingat ada pesawat lain yang hendak melakukan touch-and-go landing berjarak 3.500 kaki. Tetapi, entah apa yang merasukinya, ia tetap melintasi runway dan mengancam keselamatan penerbangan. Beruntung, hal buruk tak sampai terjadi.

Ilustrasi insiden yang melibatkan Harrison Ford. Foto: TMZ Composite

Setelah diselidiki, aktor yang pernah berkunjung ke Indonesia dalam rangka pembuatan seri film mengenai perubahan iklim global yang berjudul “Years of Living Dangerously” (Tahun-tahun Hidup Berbahaya) ini mengaku salah mendengar instruksi ATC.

“FAA tengah menyelidiki sebuah insiden pilot dari Aviat Husky meluncur di landasan. ketika pesawat lainnya tengah bersiap melakukan touch-and-go landing,” kata FAA dalam pernyataannya kepada AFP.

“Maafkan saya pak, saya kira sebaliknya. Saya sungguh minta maaf,” kata Harrison Ford dalam rekaman suara.

Aktor kondang yang namanya sempat mentereng di Indonesia akibat tudingan memarahi Menteri Perhutanan, Zulkifli Hasan, pada 2013 lalu terkait pembalakan liar di Tesso Nilo (taman nasional di Sumatera) bukan kali pertama berbuat ‘onar’ di bandara.

Harrison Ford saat sedang menerbangkan pesawat. Foto: Backgrid

Pada 2017, Harrison Ford terhindar dari hukuman atas insiden penerbangan yang nyaris terjadi di Bandara California Selatan.

Kala itu, Ford secara tak sengaja ‘salah parkir’. Dia mendaratkan pesawat dengan model yang sama di taxiway alih-alih di runway, melewati Boeing 737 dengan 110 penumpang dan enam kru di dalamnya. Usai kejadian ini, ia pun menyebut dirinya sebagai ‘schmuck’ atau orang bodoh karena landing di taxiway.

Baca juga: Kenapa Mikrofon Pilot Tidak Terdengar Jelas Dibanding Awak Kabin? Ini Dia Jawabannya

Dua tahun sebelumnya lagi, Ford melakukan pendaratan darurat setelah pesawat peninggalan Perang Dunia II yang ia kemudikan mengalami kerusakan mesin. Ia menabrak pohon dan lapangan golf, juga di California. Dalam insiden tersebut, Ford mengalami sejumlah cedera, termasuk patah pergelangan dan rongga panggul.

Harrison Ford pertama kali mengambil kursus penerbangan saat duduk di bangku kuliah, lalu berhenti karena masalah keuangan. Ia kemudian melanjutkan kembali kala sudah menjadi bintang besar. Kini dengan izin terbang bertahun-tahun yang telah ia kantongi, Ford memiliki sejumlah pesawat terbang, dari pesawat dengan dua bangku hingga corporate jet.

Leave a Reply