Hiburan di Tengah Pandemi, Pemadam Kebakaran di Rio de Janeiro Bikin Konser dari Atas Tangga Penyelamat

0
Petugas pemadam kebakaran Letnan dua Elielson Silva dos Santos konser di ketinggian 50 meter (newslagoon.com)

Bila ditanyakan secara acak apakah pandemi Covid-19 membuat kejenuhan pada masyarakat? Pastinya banyak yang akan menjawab ya. Hal ini karena banyak kota dan negara di seluruh dunia yang menutup diri untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 tersebut.

Baca juga: Pandemi Masih Berlangsung, Makapai di Amerika Serikat Beroperasi Meski Penumpang Menurun

Meski begitu, ternyata di Rio de Janeiro, Brasil justru mengadakan konser khusus di tengah pandemi ini. KabarPenumpang.com melansir laman newlagoon.com (2/4/2020), konser ini dihadirkan untuk ratusan penghuni sebuah lingkungan di Rio de Janeiro yang dibatasi pergerakannya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Uniknya mungkin konser biasa dilakukan oleh grup band atau penyanyi, tapi di Rio de Janeiro para petugas pemadam kebakaranlah yang melakukan konser. Beragam repertoar musik Brasil dimainkan oleh pemadam kebakaran di ketinggian 50 meter.

Dalam sebuah video, terekam pada puncak salah satu eskalator yang digunakan untuk memadamkan api, letnan dua Elielson Silva dos Santos memainkan karya-karya komposer Brazilian terkenal seperti Samba do aviao Tom Jobim dan Aquerela, Arry Barroso dengan menggunakan terompet. Kehadiran konser unik ini membuat orang-orang mengelilingi alun-alun Largo do Machado yang terletak di lingkungan Laranjeiras melalui jendela mereka.

Orang-orang ini menikmati musik yang dibawakan oleh petugas pemadam kebakaran ke jendela mereka dan salah satu lagu yang dibawa adalah lagu kebangsaan. Para pemadam kebakaran ini ternyata terinspirasi oleh inisiatif Jerman selama kurungan oleh virus corona, brigade Api Rio de Janeiro memutuskan untuk membuat presentasi di titik-titik tertentu kota, seperti pantai Copacabana, lagoa Rodrigo de Freitas yang ikonik, lingkungan mewah Leblon dan Barra de Tijuca dan alun-alun Largo do Machado.

Mereka juga melakukan konser di Rocinha, favela terbesar di ibukota dan komunitas lain seperti Cross São Sebastião dan Vidigal. Idenya adalah orang-orang yang tidak bisa keluar ke jalan-jalan untuk menikmati pertunjukan musik, setinggi 50 meter, dari jendela-jendela bangunan di dekatnya.

“Tindakan ini bertujuan untuk menenangkan jiwa dan memompa semangat di masa-masa sulit dan, pada saat yang sama, ingat bahwa petugas pemadam kebakaran selalu dekat dengan warga. Selalu bersedia melayani masyarakat,” kata saran pers.

Baca juga: Peneliti: Virus Corona Bisa Bertahan Selama 7 Hari di Masker Bedah

Aksi para petugas pemadam kebakaran ini telah meluas ke kota-kota lain di negara bagian, seperti Nova Friburgo, di mana petugas pemadam kebakaran lain, kali ini seorang pemain saksofon, memberikan konser kepada penduduk kota itu. Menurut laporan terbaru dari Kementerian Kesehatan, setidaknya 240 orang meninggal oleh pandemi virus corona di Brasil, di mana sudah ada lebih dari 6836 yang terinfeksi.

Leave a Reply