Hidupkan Lagi ‘Bandara’ Misterius di Xinjiang, Cina Dituding Tengah Jalani Misi Sangat Rahasia

0
Foto satelit menunjukkan pembangunan gedung-gedung di sekitar lapangan terbang misterius Cina di tengah gurun Taklamakan, daerah otonomi Xinjiang, sedang dikebut Cina. Foto: Maxar

Cina dituding tengah melakukan aktivitas super rahasia. Dalam pantauan citra satelit dari perusahaan komersial Maxar, Negeri Tirai Bambu itu tengah melakukan satu-dua kesibukan di lapangan terbang bekas uji coba senjata nuklir di tengah gurun di wilayah Lop Nur, daerah otonomi Xinjiang, ratusan kilometer jauhnya dari pusat kota.

Baca juga: Manufaktur Rudal dari Cina Buat Pemindai Tubuh di Bandara dengan Keakuratan 95 Persen

Dilansir NPR, besar kemungkinan lapangan udara dengan runway cukup panjang tersebut digunakan untuk misi ruang angkasa militer Cina. Belakangan, negara tersebut memang menunjukkan kemajuan pesat dalam perlombaan eksplorasi ruang angkasa.

“Saya pikir kami mengamati apa yang tampaknya menjadi fasilitas yang cukup penting untuk kegiatan ruang angkasa militer China yang belakangan tampaknya tumbuh pesawat,” kata Ankit Panda, senior fellow di Carnegie Endowment for International Peace.

Lebih lanjut, tudingan lapangan terbang tersebut digunakan untuk kegiatan misi ruang angkasa militer Cina bukan tanpa dasar. Beberapa pengamat percaya, pada tahun 2020 lalu Negeri Panda pernah mendaratkan pesawat luar angkasa yang sangat rahasia di sana.

Diperkirakan, pesawat luar angkasa Cina yang disebut-sebut sangat rahasia tersebut bukanlah pesawat baru, melainkan menyerupai pesawat luar angkasa milik AS.

Negeri Paman Sam, menurut onathan McDowell, astronom dari Center for Astrophysics Harvard dan Smithsonian, disebut sudah lebih dahulu menjalankan misi rahasia untuk mengembangkan pesawat luar angkasa yang diberi nama X-37b.

Ia menyakini, pesawat memiliki misi menguji teknologi canggih untuk satelit militer. Sejenis itulah yang mungkin dijalankan Cina saat ini di lapangan terbang di tengah gurun yang jauh dari pemukiman tersebut.

“Ini digunakan sebagai platform eksperimen, sebagai sesuatu yang membawa eksperimen ke luar angkasa dan kemudian sebagian besar, membawanya kembali sehingga Anda dapat memperbaikinya, meningkatkannya, dan meluncurkannya lagi,” jelasnya.

Menariknya, lapangan terbang yang belakangan sudah mulai didirikan beberapa bangunan berukuran besar serta tiang-tiang beton tersebut, konsepnya mirip dengan fasilitas militer Cina lainnya. Itu yang pada akhirnya semakin menguatkan lapangan terbang tersebut mungkin akan dijadikan fasilitas militer permanen.

Baca juga: Cina Sukses Kirim Astronot ke Stasiun Luar Angkasa, AS Panik

Meski begitu, Panda masih membuka kemungkinan dugaan lain yang berhubung dengan pengembangan teknologi tinggi, seperti pesawat penelitian atmosfer, pesawat dan drone dengan kemampuan terbang sangat tinggi, pesawat bomber canggih, serta pesawat eksperimental lainnya.

Cina sendiri, melalui Kedutaan Besarnya di Washington menolak berkomentar terkait hal ini. Tetapi, sebagian pengamat seperti Panda berikrar akan terus mengawasi situs tersebut melalui citra satelit.

LEAVE A REPLY