Hiiii! Ada Kalajengking di Penerbangan Lion Air Pekanbaru – Jakarta

Kalajengking di bagasi kabin Lion Air JT-293. Sumber: istimewa

Penumpang maskapai berbiaya murah Lion Air dengan nomor penerbangan JT-293 yang melayani rute Pekanbaru – Jakarta dibuat kaget dengan kehadiran binatang yang menyerupai sebuah kalajengking di armada Boeing 737-800NG. Adapun binatang berbisa ini ditemukan di bagasi kabin pesawat dengan nomor registrasi PK-LPK tersebut. Kalajengking yang kehadirannya tidak diundang ini sendiri ditemukan oleh salah satu penumpang tak lama setelah pesawat mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (14/2/2019).

Baca Juga: Bagasi Cuma-cuma Hilang dari Penerbangan Domestik Lion Air, Bagaimana Reaksi Penumpang?

Dalam siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com, pihak Lion Air menyatakan bahwa sudah terlebih dahulu melakukan pre-flight check (pengecekan sebelum mengudara) dan dinyatakan sudah berada dalam kondisi laik terbang (safe to flight).

“Operasional telah dijalankan sesuai standar prosedur,” ujar pihak Lion Air dalam sebuah keterangan resmi.

Berdasarkan data catatan perawatan terjadwal pesawat registrasi PK-LPK, Lion Air sudah melaksanakan pengendalian hama dan binatang berupa fumigasi pada 19 Oktober 2018 dan pest control pada 6 Februari 2019.

“Terkait dengan laporan salah satu penumpang yang menyebutkan adanya satu binatang berjenis kalajengking di bagasi kabin (head rack) sesaat setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta serta perkembangan berita, atas hal ini masih dilakukan penyelidikan intens dan lebih lanjut,” terang pihak Lion Air.

Mengutip dari laman sumber lain, pesawat dengan nomor penerbangan JT-293 ini dikabarkan mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekira pukul 19.00WIB, setelah menempuh perjalanan dari Pekanbaru selama dua jam lamanya. Seperti biasa, sesaat setelah pesawat mendarat, para penumpang langsung mempersiapkan barang bawaan mereka dan bersiap untuk turun.

Namun ketika tengah sibuk mengeluarkan barang bawaan mereka dari bagasi kabin, tiba-tiba muncul seekor binatang yang menyerupai kalajengking dari bagasi kabin seat nomor 19-C. Berdasarkan penuturan penumpang yang melihat langsung kejadian tersebut, kalajengking keburu menghilang ke dalam bagasi kabin sebelum petugas Lion Air mengeksekusi binatang yang diketahui sangat berbisa ini.

Baca Juga: Hindari Kecurangan di Bagasi Kabin, Qantas Lakukan Audit Penumpang

Menurut pihak Lion Air, petugas layanan darat (ground handling) dan teknisi segera menjalankan penanganan mendalam serta menyeluruh pada pesawat setelah penumpang maupun kargo selesai diturunkan, namun tidak ditemukan binatang tersebut.

Dalam upaya memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, Jumat (15/2/2019), pesawat menjalani penanganan tepat sasaran guna membasmi serangan binatang secara efektif serta mencegah terjadinya potensi lain yang dibawa oleh binatang. Selain daripada itu, pihak Lion Air juga telah meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu.