Hindari Tatap Muka, Bandara Incheon Korsel Kerahkan Robot Canggih Pengukur Suhu dengan Sederet Kemampuan

0
Seorang penumpang tengah mengecek suhu tubuh menggunakan robot pengukur suhu tubuh otomatis tanpa sentuh. Foto: Incheon Airport Co via Pulse photo

Main gateway Bandara Internasional Incheon Korea Selatan (Korsel) belum lama ini mulai dilengkapi robot pengecek suhu otomatis. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan tatap muka saat proses pengecekan suhu tubuh di terminal keberangkatan untuk mengurangi risiko infeksi Covid-19.

Baca juga: Antisipasi Peningkatan Trafik, Bandara Incheon Bangun Landas Pacu Keempat

Incheon International Airport Corporation selaku pengelola bandara mengatakan layanan pengecekan suhu tubuh tanpa sentuh ini sudah di tempatkan di Terminal 1 dan 2 bandara. Meski masih dalam proses uji coba, hampir dapat dipastikan robot tersebut bakal tetap dipatenkan dalam upaya mencegah penularan virus Corona sampai beberapa waktu mendatang, melengkapi thermal scanner untuk mengecek suhu secara makro.

Dilansir bangkokpost.com, pengelola bandara sejauh ini baru menempatkan tiga robot pengecek suhu tubuh otomatis tanpa sentuhan di Terminal 1 keberangkatan, tak jauh dari kiosk self check in. Adapun robot lainnya ditempatkan di Terminal 2 bandara dengan jumlah dan tata letak serupa (dengan di T1).

Dalam prosesnya, robot tersebut mengukur suhu tubuh para pengunjung dengan menggunakan kamera thermal. Apabila penumpang terindikasi tidak sehat, ditandai dengan suhu tubuh tinggi sekitar 40 °C, maka robot akan segera menghubungkan pihak maskapai secara otomatis untuk dilakukan prosedur lanjutan, entah diswab, rapid, ataupun dilarang terbang.

Sebaliknya, bila proses pengecekan berjalan normal, maka penumpang dapat melanjutkan aktivitas di bandara usai disemprotkan cairan hand sanitizer di tangan oleh robot tersebut secara otomatis, tanpa adanya kontak apapun.

Selain robot tersebut, pengelola bandara juga mengerahkan beberapa kios pengecekan suhu tubuh dengan fungsi nyaris serupa dengan robot pengukur suhu tubuh. Bedanya, kios pengecekan bukan menghubungi maskapai bila penumpang terindikasi mengalami hipertermia, sebagaimana robot satunya lagi, melainkan bakal mengeluarkan suara peringatan sebelum akhirnya didatangi oleh petugas on duty.

Dalam waktu dekat, pengelola Bandara Internasional Incheon Korsel juga bakal mengerahkan robot self-driving. Robot tersebut nantinya bakal keliling bandara untuk mengecek kepatuhan penumpang mengenakan masker. Hanya saja, tak disebutkan dengan jelas bagaimana teknisnya.

Bandara Internasional Incheon memang sejak awal pandemi virus Corona sudah terkenal dengan inovasi dan kesungguhan pengelola, berkolaborasi dengan pemerintah, dalam mencegah penyebaran Covid-19. Upaya luar biasa bandara tersebut juga memancing datangnya pujian setinggi langit. Salah satunya datang dari Amerika Serikat (AS) melalui Dutabesar AS untuk Korea Selatan, Harry Harris.

Baca juga: Bandara Seattle-Tacoma Kerahkan Robot Pembersih Lantai dan Teknologi Canggih Lawan Corona

Harry Harris tak kuasa melontarkan pujian ketika mengunjungi Terminal 2 Bandara Internasional Incheon untuk mengamati bagaimana petugas bandara mengukur suhu badan penumpang pesawat Korean Air yang akan terbang ke Atlanta, AS, dan serangkaian proses pengecekan lainnya.

Melalui akun twitternya, Harry menyebut, “Kunjungan hebat ke Bandara Incheon untuk melihat langkah-langkah ROK (Republic of Korea) untuk memerangi Covid-19 pelancong ke Amerika Serikat. Terkesan dengan upaya respons yang kuat dan komprehensif ROK untuk membatasi penyebaran virus. Terima kasih untuk semua atas kerja kerasnya,” cuitnya. Bahkan ia tak ragu untuk menyebut Bandara Incheon sebagai contoh baik penanganan corona di bandara.

Leave a Reply