Imbas Covid-19, Pengemudi Ojol Sepi Penumpang, Layanan Pesan Antar Banjir Order

0
(seluler.id)

Covid-19 saat ini membuat semua sekolah dan universitas menyuruh siswanya School From Home atau sekolah dari rumah. Tak hanya itu, perusahaan-perusahaan juga membuat karyawan mereka Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Di Tengah Merebaknya Virus Corona, Kemenhub Naikkan Tarif Ojol di Jabodetabek

Akibat dari Covid-19 ini bahkan memengaruhi industri transportasi, seperti pesawat, perusahaan otobus, TransJakarta, kereta baik lokal maupun jarak jauh hingga para pengemudi ride hailing atau ojek online (ojol) yakni GoJek dan Grab. KabarPenumpang.com merangkum dari beberbagai laman sumber, para ojol menjadi sepi penumpang setelah pandemi ini meluas di Indonesia khususnya Ibukota Jakarta. Namun meski begitu, ternyata pemesanan layanan pesan antar makanan dari GoFood dan GrabFood meningkat.

Bahkan fitur kesehatan di aplikasi mereka yakni GoMed dan GrabHealth juga melonjak. Chief Public Policy and Goverment Relations GoJek Group Shinto Nugroho tak merinci peningkatan layanan pada fitur GoFood maupun GoMed mereka. Selain GoJek, Head of Public Affairs Grab Tri Sukma Anreianno juga mencatat bahwa GrabFood dan GrabHelath meningkat drasrus.

Tri mengatakan, nilai dari peningkatan penggunaan dua fitur dari Grab ini akan diumumkan pihaknya dalam beberapa waktu kedepan. Kenaikan permintaan GoFood dan GrabFood ini juga ada andil dari munculnya sebuah gerakan aksi peduli terhadap ojol dari masyarakat dengan memesan makanan.

Tak hanya itu, makanan yag dipesan pun tidak diambil semua oleh pemesan bahkan ada yang memberikannya pada para ojol sebagai salah satu bentuk imbalan karena menurunnya permintaan penumpang. Bahkan seorang influencer bernama Ligwina Hananto ikut andoil dalam aksi tersebut dengan memesanmakan siang.

Di laman Twitter-nya, dia menulis tweet, “Udah pada order makan siang buat driver ojol yg sepi order? Kita makanan bisa nyetok, siap dirumahkan, dana darurat aman, nyerok saham juga hayu. Orang lain sarapan saja enggak bisa. Silakan laksanakan gaes.”

Selain kisah dari pemilik akun twitter bernama Ananda Rizki dengan melakukan hal serupa namun pengendara ojol yang menerima makanan malah membagikan kepada yang lebih membutuhkan. Lalu, pemilik akun Twitter @berhijabmerah juga mengajak masyarakat yang lain kalau aksi peduli semacam ini juga bisa dilakukan dengan cara-cara yang lain misalnya memesan layanan go-shop atau go-mart dengan memberikan bahan-bahan pokok kepada pengendara ojol.

Baca juga: Kementerian Perhubungan Periksa Mendadak Layanan Ojol di Malaysia

“Hal baik yang bisa kita lakukan saat social distancing ini selain pesenin makanan ojol, bisa juga order go-shop atau go-mart bahan makanan mentah,” tulisnya.

Leave a Reply