INACA Punya Pengurus Baru, Targetkan Membangun Konektivitas di Seluruh Daerah

0
Pengurus INACA 2019-2022 (KabarPenumpang.com)

Rapat Umum Anggota (RUA) Tahunan 2019 Indonesian National Air Carrier Association (INACA) mengusung tema “Providing Better Public Communication of National Aviation Industry Environment”. Dalam RUA ini, banyak hal yang dibahas seperti pemilihan kepengurusan INACA 2019-2022 mendatang hingga lima Bali baru yang menjadi super prioritas.

Baca juga: Klarifikasi INACA, “Harga Avtur Tidak Berpengaruh Langsung Pada Tingginya Harga Tiket Pesawat”

Adapun pengurus INACA periode 2019-2022 yakni Denon B. Prawiraatmadja (WhiteSky Aviation) terpilih sebagai Ketua Umum INACA 2019-2022, Sekretaris Jenderal INACA Bayu Sutanto, Ketua Penerbangan Berjadwal Wuri Septiawan (AirAsia Indonesia), Ketua Penerbangan Tidak Berjadwal Arif Wibowo (AirFast Indonesia), Ketua Penerbangan Kargo Muhammad Ridwan (My Indo Airlines). Denon selaku ketua baru INACA mengatakan pihaknya akan ikut mensukseskan penerbangan Indonesia. Di mana asosiasi punya peran dalam mensukseskan program pemerintah sekarang terkait transportasi udara seperti konektivitas di seluruh tanah air.

“Program utama yakni membangun konektivitas bukan hanya kota besar di pusat melainkan bagian tengah dan timur,” kata Denon yang ditemui usai RUA di Hotel Borobudur, Kamis (30/10/2019).

Dia mengatakan, konektivitas udara memegang peran penting dalam menghubungkan masyarakat Indonesia serta mendukung pergerakan perekonomian Indonesia serta visi pemerintah dalam menggerakkan sektor industri pariwisata nasional. Seperti saat ini, lima Bali baru yang menjadi super prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang dan Labuhan Bajo mulai dikembangkan.

INACA dalam hal pengembangan lima Bali baru tersebut mengaku tidak akan berjalan sendirian sehingga harus bersinergi dengan banyak pihak seperti Kementerian Pariwisata, Pemda setempat dan yang lainnya.

“Untuk pengembangan ini tidak akan berjalan masing-masing. Sinergi stakeholder, bukan hanya tanggung jawab INACA tetapi semua kementerian yang terlibat. Sinergi ini gimana cara kita bisa selesaikan,” kata Wuri Setiawan, Ketua Penerbangan Berjadwal yang ditemui KabarPenumpang.com, Kamis (30/10/2019).

Dia menjelaskan bahwa dalam pengembangan ini selain Kemenhub, pihaknya juga berharap Pemda di lima Bali baru tersebut mengadakan event untuk lebih memperkenalkan daerah mereka. Sebab bukan hanya wisatawan mancanegara saja, tetapi wisatawan dalam negeri pun tidak sepenuhnya tahu daerah Indonesia.

“Karena hal ini maka INACA rangkul semua potensi yang ada untuk duduk bersama baik Kementerian Pariwisata, Pemda, UMKM atau siapapun yang akan bangun kemajuan daerah itu,” jelas Wuri.

Dia bahkan menambahkan, kehadiran inflight magazine atau majalah dalam penerbangan yang disediakan setiap maskapai juga turut membantu dalam mengenalkan lima Bali baru tersebut.

 Baca juga: Ditjen Perhubungan Udara: “Maskapai Asing Jangan Hanya Mengambil Rute Gemuk Saja”

“Mandalika salah satu contohnya, dalam majalah pesawat kita bisa membaca itu ada dimana dan ada apa didalamnya. Jadi semua sama-sama saling bantu promosi. Kita semua bergerak dan kami yakin dengan kerja sama pasti bisa,” tambah Wuri.

Leave a Reply