Bertarung Melawan Waktu, Inilah Kesibukan di Jeda Penerbangan yang Padat

0

Bayangkan Anda sedang berada di terminal keberangkatan di suatu bandara, dimana Anda bisa sedikit bersantai sembari menunggu gerbang keberangkatan di buka, menikmati kopi, dan memainkan ponsel. Namun pernahkah terbesit di benak Anda betapa sibuknya kru maskapai dan bandara manakala Anda menikmati waktu tunggu di terminal keberangkatan? Di rentang waktu antara pesawat tiba dan kembali harus menerbangkan penumpang, sejatinya itulah waktu krusial bagi pihak maskapai dan petugas bandara.

Baca Juga: Ini Dia, Para Pekerja Ground Support System di Bandara

Kira-kira, apa saja yang dilakukan oleh mereka di rentang waktu tersebut? Untuk menjawab pertanyaan ini, KabarPenumpang.com melansir dari laman cntraveler.com, dimana perhitungan tiap menit di masa-masa ini sangatlah berharga – mengingat pesawat harus kembali mengudara dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Di sini, laman sumber mengambil contoh maskapai SAS Scandinavia Airlines yang ada di Stockholm Arlanda Airport, Swedia.

Pukul 09.00: Pesawat Airbus A320 SAS dengan nomor penerbangan SK1416 dari Copenhagen mendarat di Stockholm dan setibanya pesawat di terminal, petugas bandara dan kru maskapai langsung dengan sigap mempersiapkan untuk penerbangan selanjutnya – SK535 menuju Dublin.

Setelah pesawat terparkir, pilot akan mematikan kedua mesinnya dan daya listrik yang ada di pesawat mulai dipasok dengan menggunakan Ground Power Unit (GPU).

Pukul 09.03: Sesaat setelah penumpang keluar dari kabin, petugas kebersihan akan masuk ke dalam pesawat untuk memulai tugasnya – membersihkan keseluruhan kabin, mengeluarkan sisa-sisa katering di dalam pesawat, mengosongkan tangki toilet, mengisi ulang air, hingga membongkar-muat kargo dan bagasi penumpang.

Pukul 09.18: Bahan bakar pesawat mulai diisi guna memenuhi kebutuhan penerbangan selanjutnya.

Pukul 09.20: Kru kokpit penerbangan SK535 akan mulai melakukan walk-around untuk memeriksa apakah penerbangan sebelumnya meninggalkan masalah yang tidak tercatat di catatan riwayat penerbangan – sementara kru kabin akan memeriksa semua instrumen keselamatan dan katering.

Patut diketahui, biasanya pilot dan kru kabin akan mulai berganti shift setelah beberapa kali melakukan penerbangan dalam satu hari – tidak berganti shift dalam sekali penerbangan.

Pukul 09.22: Setelah semua persiapan guna melakoni penerbangan selanjutnya rampung, maka proses boarding penumpang mulai dilakukan.

Baca Juga: “Zero Mistake dan Tahan Tekanan,” Jadi Keharusan Bagi Petugas Menara ATC

Pukul 09.31: Petugas darat akan memberikan tenggat waktu untuk menunggu penumpang connecting flight. Jika hingga pada waktu yang ditentukan penumpang tidak kunjung datang, maka petugas berhak untuk mengeluarkan bagasi penumpang terkait dan menyerahkannya ke pihak terminal.

Pukul 09.35: Pilot akan meminta akses kepada pihak ATC untuk memberangkatkan SK535, dan setelah mendapat persetujuan, pesawat akan mulai melakukan push-back dari apron untuk mengopeasikan penerbangan selanjutnya menuju Dublin.

Wah, ternyata sesibuk itu ya kru penerbang dan petugas darat!

Leave a Reply