India Resmikan Terowongan Kereta Listrik Tepanjang, 6.700 Meter!

0
Sumber: financialexpress.com

Jaringan perkeretaapian India agaknya bakal menikmati infrastruktur baru di salah satu jalur mereka. Tidak hanya menyandang sebagai infrastuktur baru, melainkan terowongan kereta beraliran listrik ini digadang-gadang sebagai yang terpanjang di India. Bersama dengan Kementerian Kereta Api, Indian Railways sukses membangun terowongan kereta beraliran listrik yang memiliki panjang 6.700 meter ini hanya dalam rentang waktu kurang dari dua tahun!

Baca Juga: Indian Railways Gunakan WhatsApp Untuk Pemberitahuan Pada Penumpang

Terowongan yang terletak di antara Stasiun Cherlopalli dan Stasiun Rapuru ini diresmikan berbarengan dengan jalur kereta listrik yang mengular dari Venkatachalam menuju Obulavaripalli di Andhra Pradesh. Kembali ke tanggal 25 Juni kemarin, dimana dua rangkaian kereta barang sukses melintasi terowongan ini, dimana itu menjadi penanda pengoperasian skala penuh dari terowongan dan jalur kereta listrik anyar tersebut.

Dibangun dengan mahar Rs437 crore atau yang setara dengan Rp859,1 miliar, terowongan ini dilengkapi dengan 44 trolley refuges dan 14 lorong penghubung terowongan dengan desain tapal kuda. Dikutip KabarPenumpang.com dari laman financialexpress.com, terowongan ini adalah game-changer untuk operasi pengiriman di zona ini karena memungkinkan layanan pengiriman di jalur Pelabuhan Obulavaripalli-Venkatachalam-Krishnapatnam yang memiliki bentang jarak hampir 113 km.

Mengenai spesifikasi, terowongan dengan jalur lurus 6.600 meter ini memiliki tinggi 6,5 meter dengan ketebalan 300 mm dan jarak 10 meter antar lampu yang menerangi terowongan ini.

Lalu untuk rute Venkatachalam dan Obulavaripalli, beberapa fakta unik juga tersaji di dalamnya, mulai dari kereta yang mengular dibawah 60 jembatan, melintasi 146 jembatan, dan melewati dua terowongan.

Baca Juga: Lima Fakta Unik Seputar Indian Railways – Namanya Tak Melulu Buruk

Dibangun dengan dana Rs1.993 crore, rute baru ini dipercaya mengurangi jarak tempuh hingga 72 km dan memudahkan lalu lintas di bagian Obulavaripalli-Renigunta-Gudur. Selain memfasilitasi pengoperasian kereta api barang di rute Obulavaripalli-Venkatachalam-Krishnapatnam Port, jalur baru ini juga akan menyediakan jalur terpendek untuk rute kereta api Chennai-Howrah dan Chennai-Mumbai.

Jalur ini juga akan mengurangi kemacetan baik kereta penumpang maupun kereta barang di bagian Vijayawada-Gudur-Renigunta-Guntakal.

 

Leave a Reply