Ingin Hindari Pengeluaran Lebih Untuk Bagasi? Inilah Tips Ala Pramugari!

Sumber: cntraveler.com

Menjamurnya layanan Low Cost Carrier (LCC) atau penerbangan berbiaya rendah belakangan ini nyatanya memang sangat membantu banyak kalangan yang hendak mengudara namun dengan budget yang terbatas. Walaupun tidak senyaman layanan Business Class atau First Class, namun tetap saja harganya yang miring membuat LCC digandrungi banyak pihak. Nah, satu hal yang patut diwaspadai sebelum mengudara menggunakan LCC adalah biaya lebih untuk bagasi.

Baca Juga: Selasa Sore! Waktu Paling Tepat untuk Berburu Tiket Pesawat Murah

Barang bawaan yang melebihi kapasitas memang kerap kali menimbulkan satu masalah baru sebelum Anda mengudara. Tapi bukan berarti Anda harus membayar biaya lebih untuk memasukkan barang bawaan Anda ke dalam bagasi. Memang, tidak semua maskapai memberikan advantage sebagaimana kebanyakan LCC di Indonesia yang menyediakan fitur bagasi gratis hingga 15 kg. Namun apabila Anda menemukan maskapai yang tidak memberlakukan fitur seperti ini, seorang awak kabin membocorkan ‘cara liciknya’.

Seperti yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman express.co.uk (25/9/2018), adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran lebih untuk barang bawaan Anda adalah berbicara langsung ke petugas penjaga gate. Utarakan ke penjaga tersebut bahwa Anda tidak keberatan semisal mereka ingin mengecek isi dari tas kita.

“Jika Anda ingin membawa barang-barang Anda ke pesawat dan tidak membayar biaya untuk bagasi, bawalah tas Anda ke gerbang dan katakan saja Anda bahwa bersedia untuk diperiksa tasnya. Pemeriksaan ini biasanya ditujukan untuk meminimalisir ruang yang ada di tas Anda,” ungkap si awak kabin yang identitasnya dirahasiakan tersebut.

“Anda tidak akan kena charge untuk pemeriksaan ini – biasanya,” tandasnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, masing-masing maskapai memiliki aturannya sendiri. Tidak semua maskapai di dunia aviasi memberlakukan fitur free baggage, dan Ryanair merupakan salah satu-satunya maskapai asal Inggris yang tidak memperbolehkan penumpang membawa barang bawaan Anda (seperti koper kecil) ke dalam kabin.

Otomatis, Anda harus memasukkannya ke dalam bagasi, dimana itu akan menambah pengeluaran Anda.

Baca Juga: Tips – Sebelum Masuk ke Kargo Pesawat, Pastikan Koper Anda Cukup Kuat

Nah, kalau sudah begitu, Anda bisa menyiasatinya dengan cara membawa barang seperlunya saja dan dimasukkan ke dalam tas ransel kecil – dimana ini masih diperbolehkan untuk masuk ke dalam kabin Ryanair.

Alih-alih membawa tas dengan kapasitas maksimal 20 kg dengan harga £25 atau yang setara dengan Rp439.000, para penumpang biasanya menyiasati dengan cara membeli dua tas berkapasitas masing-masing 10kg dengan harga £8 atau yang setara dengan Rp140.000. Dengan mengeluarkan Rp280.000 untuk kapasitas yang sama (20kg), para penumpang bisa menghemat Rp159.000. Lumayan, kan?