Ingin Jadi Penumpang yang ‘Beradab’? Langkah ini Bisa Jadi Rujukan

Sumber: istimewa

Tidak bisa dipungkiri, berkembang pesatnya sektor kedirgantaraan nasional dewasa ini tidak lepas dari tingginya permintaan dari para penumpang. Seperti halnya hubungan sebab-akibat, maka bukan tidak mungkin jika peluang Anda untuk menemukan penumpang dengan perilaku yang menyebalkan semakin besar. Bagi Anda yang sudah sering bepergian menggunakan pesawat, tentu Anda pernah berjumpa dengan penumpang lain yang siap memancing emosi Anda keluar.

Baca Juga: Anda Tak Nyaman dengan Penumpang di Kursi Sebelah? Ini Solusinya

Lalu, untuk bisa memastikan apakah Anda sudah termasuk ke dalam kategori penumpang yang ‘beradab’ atau belum, berikut KabarPenumpang.com rangkum sejumlah tips yang bisa Anda lakukan agar tercermin sebagai penumpang yang ‘beradab,’ dikutip dari laman channelnewsasia.com.

Selalu Sisihkan Barang Penting Anda
Jika kebanyakan maskapai domestik memberlakukan regulasi maksimal 7kg barang yang boleh Anda bawa ke dalam kabin, namun bukan berarti semua barang yang Anda bawa tersebut bisa dimasukkan ke dalam bagasi kabin. Beruntung bagi Anda yang selalu bepergian dengan membawa tas kecil, dimana sejumlah barang yang Anda anggap penting bisa dimasukkan ke dalam tas tersebut, seperti dompet, headset, botol minum, dan lain sebagainya.

Reclining Seat
Ya, menghabiskan waktu berjam-jam di dalam sebuah penerbangan memang membosankan, terutama ketika Anda duduk dengan posisi tegak lurus di kelas ekonomi. Nah, alih-alih Anda dicap sebagai penumpang yang kurang beradab oleh penumpang lain, ada baiknya Anda memperhatikan dahulu bangku di belakang Anda sebelum menurunkan reclining seat. Lebih baik lagi jika Anda ijin terlebih dahulu kepada penumpang yang ada di belakang Anda. Semisal tidak memungkinkan, silakan atur posisi duduk Anda senyaman mungkin.

Waspada dengan Makanan yang Anda Bawa
Tidak hanya memperhatikan segala makanan berbau tajam yang Anda bawa, seperti mie dalam kemasan yang berbau tajam, Anda juga harus memperhatikan hal-hal lain yang kemungkinan bisa menyebarkan bau, seperti kaos kaki, minyak kayu putih, dan lain sebagainya. Ya, kenyamanan penumpang memang selalu diutamakan oleh pihak maskapai. Jika ada yang sekiranya membuat penumpang lain merasa tidak nyaman, maka bukan tidak mungkin jika penerbangan tersebut malah terhambat.

Baca Juga: Tips – Mau Tidur di Pesawat, Jangan Turunkan Tirai Jendelanya!

Kaki yang Menghalangi
Jika Anda kebagian duduk di pinggir gang, maka jangan sampai kaki Anda menghalangi orang lain yang berjalan di gang supaya Anda tetap dipandang sebagai penumpang yang ‘beradab’. Tetaplah jaga sopan santun selama mengudara, jangan sandarkan kaki Anda ke sela-sela bangku depan, cukup duduk normal sebagaimana mestinya.