Ini Cara London Terapkan “Biaya Jalan” Guna Mengatasi Polusi Udara di Pusat Kota

0
Zona Emisi Ultra Rendah kota yang lebih cepat (Shutterstock)

Sebagian besar polusi udara London berasal dari transportasi darat, termasuk mobil, bus, dan taksi. Ketika kendaraan ini membakar bahan bakar fosil, mereka melepaskan polutan udara beracun dan emisi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida. Selama dua dekade terakhir, walikota London terus bekerja untuk mengubah lintasan polusi kota.

Baca juga: Kurangi Polusi Udara dan Pemanasan Global, Tiap 22 September Dunia Rayakan Hari Bebas Mobil Internasional

Baru-baru ini, Wali Kota London Sadiq Khan, yang terpilih pada tahun 2016, telah mendorong untuk menerapkan beberapa kebijakan paling ambisius untuk mengurangi polusi udara di seluruh kota. “Zona Emisi Ultra Rendah” (ULEZ) adalah kebijakan yang menyoroti pendekatan inovatif untuk secara bersamaan mengatasi perubahan iklim dan ketidaksetaraan perkotaan.

Walikota Sadiq Khan secara aktif mendorong adopsi dan perluasan Zona Emisi Ultra Rendah kota yang lebih cepat (Shutterstock)

Saat ini mencakup seluruh pusat kota London, ULEZ mengharuskan pengemudi untuk memenuhi standar emisi kendaraan yang ketat atau membayar biaya harian, mendorong penduduk dan bisnis untuk beralih dari kendaraan yang sangat berpolusi ke moda transportasi yang lebih bersih. Dilansir dari greenbiz.com (6/7/2021), ULEZ berada dalam agenda kebijakan yang lebih besar untuk menjadikan London tempat yang lebih aman untuk ditinggali sambil menangani darurat iklim.

Diluncurkan pada tahun 2019, ULEZ merupakan puncak dari hampir dua dekade kebijakan ambisius yang bertujuan untuk mengurangi polusi udara dan mengurangi kemacetan lalu lintas. Bersama kebijakan lain, ULEZ memiliki standar emisi gas rumah kaca yang ketat yang harus dipenuhi kendaraan saat berkendara di zona tersebut.

Kendaraan yang melebihi standar emisi ULEZ membayar antara $17,50 dan $140 untuk berkendara ke zona delapab mil persegi, yang mencakup pusat kota London. Sistem kamera memastikan kendaraan diisi dengan benar. ULEZ akan memperluas zona ke jalan melingkar utama London, seluas sekitar 140 mil persegi, pada bulan Oktober.

Inti dari pelaksanaan ULEZ adalah sifat bertahap dan saling melengkapi dari kebijakan sebelumnya yang diterapkan oleh pemerintahan sebelumnya. Sementara awalnya hanya berfokus pada memerangi kemacetan lalu lintas, biaya meningkat secara bertahap untuk memasukkan langkah-langkah pengurangan emisi untuk kendaraan besar, dan kemudian semua kendaraan, dengan standar yang semakin ketat.

Selain melengkapi kebijakan sebelumnya, ULEZ juga disematkan dalam paket tindakan mobilitas bersih London yang lebih luas dan lebih komprehensif. Langkah-langkah ini termasuk meningkatkan armada bus umum, taksi listrik, membangun infrastruktur bersepeda dan menutup jalan selama waktu penjemputan dan pengantaran sekolah.

Transport for London (TfL), badan pemerintah lokal yang bertanggung jawab atas jaringan transportasi London, memperkirakan bahwa kebijakan London, termasuk ULEZ, akan membantu menghindari 1,2 juta penerimaan rumah sakit baru terkait polusi udara di seluruh London pada tahun 2050 dan menyelamatkan National UK Layanan Kesehatan dan sistem perawatan sosial $7 miliar dan menurunkan biaya ekonomi tahunan sebesar $4,6 miliar dari polusi udara di Inggris.

Pendapatan dari ULEZ dan kebijakan lainnya juga telah membantu Greater London Authority (GLA) menginvestasikan US$105 juta untuk perkuatan dan pembelian bus umum baru yang memenuhi standar ULEZ yang menjadikan London pemilik armada bus listrik terbesar di Eropa. Di tingkat masyarakat, Dana Kualitas Udara Walikota senilai $30 juta mendukung proyek-proyek yang dipimpin wilayah, termasuk jalan-jalan rendah emisi dan jaringan sepeda yang diperluas.

Aspek penting dari penerapan ULEZ dan pendahulunya adalah langkah-langkah untuk meringankan beban beradaptasi dengan standar emisi yang lebih ketat. Saat ini, ULEZ menikmati tingkat penerimaan publik dan komitmen politik yang tinggi, yang berkontribusi pada kesuksesan besar-besarannya.

Baca juga: Bantu Kurangi Polusi Udara, Bajaj Listrik Piaggio Ape Mulai Merambah India

“[Kampanye] ini benar-benar untuk membantu mengubah pikiran orang,” kata Shirley Rodrigues, Wakil Walikota untuk Lingkungan dan Energi.