Ini Dia Kereta Punjab Mail di India yang Berusia 110 Tahun

0
Punjab Mail kereta di India yang berusia 110 tahun

Kereta berumur lebih dari seratus tahun dan masih beroperasi, adakah? Ternyata ada di India dan yang dimaksud adalah Punjab Mail. Kereta ini pada 1 Juni 2021 lalu, telah  berusia 110 tahun. Menjadi kereta api jarak jauh tertua yang dioperasikan Indian Railways, Punjab Mail menghubungkan antara Kota Mumbai dengan Firozpur.

Baca juga: Empat Tahun Tutup, Kereta Tertinggi di Amerika Serikat Kembali Melaju di Rel

Dulunya, Punjab Mail menghubungkan antara Mumbai dengan Peshawar yang sekarang menjadi bagian dari  wilayah Pakistan. Meski begitu asal usul kereta ini tidak begitu jelas. Pada masa lalu Punjab Mail disebut dengan Punjab Limited dan lebih tua 16 tahun usianya dari kereta lain yang lebih glamor Frontier Mail.

Punjab Mail keluar dari stasiun Ballard Pier Mole Bombay yang merupakan pusat dari Great Indian Peninsular Railways (GIPR), yang kemudian menjadi CR. Berdasarkan makalah Perkiraan Biaya tahun 1911 dan keluhan oleh penumpang yang marah pada bulan Oktober 2012 tentang “kedatangan kereta beberapa menit kemudian di stasiun Delhi”.

Ini yang kemudian membuat CR menyimpulkan bahwa Punjab Mail membuat perjalanan perdananya pada tanggal 1 Juni 1912. Awalnya, ada kapal uap P&O yang membawa surat, dan petugas Raj Inggris yang bersemangat bersama pasangan mereka, datang ke pos pertama mereka di kolonial India setelah perjalanan laut selama 13 hari dari Southampton ke Pelabuhan Mumbai.

KabarPenumpang.com melansir tribuneindia.com (31/5/2021), karena para pejabat Inggris memegang tiket gabungan baik untuk perjalanan laut ke Bombay dan kemudian melanjutkan perjalanan darat dengan kereta api ke tempat pos mereka. Setelah turun mereka hanya akan naik salah satu kereta api dari sini menuju Delhi, Calcutta atau Madras.

Punjab Limited biasa beroperasi pada hari-hari pengiriman tetap dari Bombay ke Peshawar menempuh 2.496 km dalam waktu sekitar 47 jam di sepanjang rute Great Indian Peninsular, melalui Itarsi, Agra, Delhi dan Lahore. Saat itu, hanya memiliki tiga gerbong penumpang dengan total kapasitas 96 orang, tiga untuk barang pos dan surat, dan merupakan kereta tercepat di British India.

Semua gerbong penumpang adalah mobil koridor di kelas satu, kompartemen tempat tidur ganda dan dilengkapi dengan toilet, kamar mandi, mobil restoran, kompartemen untuk bagasi dan pelayan perwira Inggris. Kemudian, dari tahun 1914, Punjab Limited mulai bermula dan berakhir di Stasiun Bombay VT, sekarang Chhatrapati Shivaji Maharaj Terminus Mumbai dan sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Hari ini, waktu perjalanan Punjab Mail, yang diangkut oleh mesin listrik, telah turun secara signifikan, menempuh jarak hanya 1.930 km antara Mumbai CSMT-Firozpur Cantt dalam 34 jam 15 menit Dibandingkan dengan enam mobil asli Punjab Limited. Punjab Mail sekarang memiliki sembilan gerbong ber-AC, enam gerbong tidur, lima gerbong umum kelas dua, sebuah pantry dan sebuah van generator.

Pada pertengahan 1930-an, ia juga mulai melayani orang-orang India yang bepergian dengan mobil kelas tiga, mendapat pelatih ber-AC pertama pada tahun 1945, dari Mei 1976, ditarik oleh mesin diesel.  Tahun 1980-an ditarik dengan mesin listrik sebagai sebagian besar dari rute trunk di jaringan IR mendapat listrik.

Baca juga: Pertama Kalinya dalam Sejarah, Layanan Kereta di India Mampu ‘On Time’ 100 Persen

Mulai Desember 2020, Punjab Mail memulai perjalanannya dengan pelatih Linke Hofmann Busch (LHB) Alstom LHB GmbH yang dirancang Jerman yang memberikan lebih banyak keamanan dan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi penumpang.

Leave a Reply