Ini yang Harus Diperhatikan Pelancong Asing Saat Bertandang ke Bali

0

Bali menjadi salah satu incaran pelancong mancanegara dan lokal ini memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi, baik tempat wisata hingga alamnya. Kalau pelancong lokal sepertinya tak perlu punya aturan khusus bila ke Pulau Dewata ini sebab mereka tak perlu membawa dokumen khusus dan bisa bepergian dengan apa saja baik itu kendaraan sewaan atau kendaraan yang dipesan melalui aplikasi.

Baca juga: Jangan Sembarangan Gunakan WiFi Gratisan, Berikut Tips Keamanan Data dari FBI

Nah, kalau untuk pelancong mancanegara bagaimana ya? Apakah ada aturan atau hal lainnya? KabarPenumpang.com merangkum news.com.au, ternyata ada beberapa tips yang harus diketahui pelancong mancanegara sebelum berkunjung ke Bali. Berikut aturan-aturannya.

#1 Cari tahu izin tinggal
Di Bali banyak tempat yang bisa dikunjungi dan pelancong bisa memilih jenis liburan seperti apa yang dicari. Bila ingin merasakan pantai bisa tinggal di dekat Kuta atau Seminyak. Bila ingin merasakan suasana santai bisa ke Canggu atau Nusa Dua. Selain itu bila ingin merasakan tempat sejuk pelancong bisa ke Ubud dan Kintamani.

Sama dengan tujuan internasional lain, Indonesia memerlukan validitas minimal enam bulan paspor sejak tanggal masuk pelancong ke Bali. Jika bepergian dengan paspor Australia, pelancong bisa mendapat visa gratis selama 30 hari. Tetapi jika ingin tinggal 31-60 hari, pelancong bisa membeli visa seharga US$35 di loket imigrasi di Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar.

#2 Bawa tas belanja
Karena di Bali sudah tidak menggunakan kantong plastik untuk barang belanjaan, baiknya pelancong menyiapkan tas untuk belanjaan mereka. Selain itu, ketika berbelanja tawarlah barang yang akan dibeli, dan membawa tas belanja sendiri juga menguntungkan karena untuk menghindari label jika pelancong kebetulan mendapat ripped off. Selain itu kantong belanjaan pribadi juga menghindarkan pelancong dari sasaran empuk penjual untuk harga yang tiba-tiba meningkat.

#3 Gunakan taksi resmi
Taksi resmi di Bali adalah Blue Bird dan bisa menjadi pilihan pas ketika pelancong bingung naik kendaraan apa ketika tiba di bandara. Bila ingin menyewa kendaraan lisensi Australia berlaku di Bali sehingga memudahkan pelancong Australia untuk menyewa sepeda motor ataupun mobil.

#4 Kamar AC
Ketika tiba di penginapan baiknya pilih kamar yang berAC, sebab udara di Bali cukup panas untuk pelancong mancanegara. Apalagi bila memilih dekat sekitaran pantai seperti Kuta dan Seminyak sepertinya kamar berAC sangat disarankan.

#5 Jutawan
Karena mata uang yang berbeda, setiap bertransaksi waspadalah saat menghitung uang kembalian. Skimming ATM adalah hal yang umum di Bali dan berhati-hatilah saat memasukkan PIN dan pastikan ATM berfungsi baik sebelum menggunakan.

#6 SIM lokal
Sama seperti pelancong Indonesia yang pergi ke negara luar, pelancong mancanegara pun baiknya menggunakan kartu SIM lokal untuk memudahkan komunikasi mereka. Meski sebagian besar hotel, restoran dan objek wisata di Bali menggunakan WiFi gratis, pelancong tetap meminta paswordnya. Selain itu SIM lokal juga untuk menghindari biaya roaming global yang belebihan.

#7 Starbuks dan Arak
Bali memiliki beberapa makanan terbaik di wilayah ini dari hidangan tradisional Indonesia di warung pinggir jalan hingga menu internasional bintang lima. Jangan takut untuk mencoba makanan dari kios selama produk daging disimpan di es dan dimasak di depan Anda. Restoran dan kafe ada di mana-mana karena Anda dapat makan tepat di pantai dengan air yang mengayun-ayunkan jari kaki Anda, atau menyaksikan matahari terbenam di atas taman terawat yang memukau.

Bali juga memiliki budaya kopi yang luar biasa yang didorong oleh ekspatriat dan penduduk setempat, jadi jangan hanya pergi ke Starbucks. Anggur mahal di mana-mana di Bali dan sayangnya, keracunan metanol adalah risiko ketika memesan minuman beralkohol dari bar atau klub. Hanya meminum minuman keras yang telah Anda beli di sana dan membuka diri Anda sendiri atau bebas alkohol. Jangan pernah minum arak atau nabati khas Bali kecuali jika Anda ingin pergi ke rumah sakit setempat.

#8 Bawa sunscreen dan tisu
jangan lupakan sunsreen keetika bepergian di Bali, karena matahari cukup terik. Selalu bawa tisu karena tidak semua toilet menempatkan tisu di setiap biliknya.

Baca juga: Mau Bikin Vlog Menarik dan Tak Repot Saat Bepergian? Simak Tips ini!

#9 Pengamanan diri
Selalu dapatkan asuransi perjalanan sebelum bepergian ke Bali. Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi dan biaya medis dapat bertambah dengan cepat. Simpan paspor Anda dengan aman, atau terkunci di dalam brankas hotel, dan merupakan ide bagus untuk menyalin semua dokumen perjalanan dan mengirim email salinan itu kepada Anda sendiri atau pergi dengan seseorang di rumah.

Leave a Reply