Mau Bikin Vlog Menarik dan Tak Repot Saat Bepergian? Simak Tips ini!

0

Vlog atau video blog dewasa ini semakin marak dilakukan oleh kaum millenial dengan konsep yang unik dan membuat banyak orang menontonnya. Seperti Juli 2019 kemarin, di mana maskapai berbiaya hemat (LCC) AirAsia memperbolehkan penumpangnya berfoto atau memvideokan aktivitas didalam pesawat.

Baca juga: Agar Penerbangan Nyaman, Inilah Tips Bawa Koper ke Dalam Bagasi Kabin

Belakangan ini pun vlog dari para peloncong yang bepergian dengan berbagai moda transportasi baik darat, laut maupun udara terkait fasilitas hingga pemandangan di destinasi yang dikunjungi pun sudah banyak ditemukan YouToube. Nah, untuk menghasilkan vlog yang bagus dan terlihat menarik, ada beberapa tips yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber.

1. Peralatan sederhana dengan kualitas video yang bagus
Untuk menghasilkan kualitas video yang bagus memerlukan peralatan kamera yang banyak dan berat. Ternyata ini bisa dipangkas dengan hanya sebuah ponsel pintar. Sebab ponsel pintar yang ada saat ini sudah mumpuni untuk merekam video dengan jernih dan menghasilkan gambar yang bagus dengan kualitas tinggi.

2. Diri sendiri dan orang lain
Para vlogger harus mau menampilkan diri mereka di depan kamera. Mungkin bagi pemula ini cukup menjadi masalah, biasanya dikarenakan harus berbicara sendiri di depan kamera. Padahal vlogger menjadi kunci utama selain apa yang akan diperlihatkan di moda transportasi ataupun di destinasi pilihan. Tak hanya itu, interaksi dengan orang sekitar seperti teman sesama pelancong, awak kabin, sesama penumpang atau penduduk lokal dengan beberapa pertanyaan bisa membuat vlog Anda lebih berwarna.

3. Hindari tempat bising dan jangan asal mengambil video
Dalam sebuah vlog bukan hanya menampilkan gambar dan video, tetapi suara juga masuk dalam standar. Bila Anda merekam ditempat bising, baiknya hentikan sementara dan kembali memvideokannya setelah suara tak lagi terdengar atau pindah ke lokasi lain yang sedikit lebih tenang untuk menghasilkan suara yang baik. Tak hanya itu, karena video dan gambar yang diambil tidak bisa masuk semua dalam vlog, maka fokus merekam pada satu titik tempat atau aktivitas yang menarik. Selain bisa menikmati perjalanan, baterai pun bisa lebih hemat.

4. Point of view dan tidak goyang
Gunakan teknik point of view yang memperlihatkan seolah-olah penonton ikut melancong bersama Anda. Ini selain menambah minat penonton, juga membangun hubungan baik dengan mereka. Selain itu yang harus diperhatikan adalah rekaman video tidak goyang atau bergetar. Karena gambar yang bergetar atau goyang bisa mengganggu penglihatan penonton.

5. Video singkat namun menarik
Tak perlu buat video yang lama, yang penting dalam vlog dikemas secara singkat dan padat. Tak lupa beri sound, teks atau gambar untuk memperjelas apa yang Anda katakan dalam video.

Baca juga: Saat Garuda Indonesia “Larang” Penumpang Foto di Kabin, AirAsia Justru Bikin Kontes Foto Berhadiah!

Nah, bagaimana? Apa Anda siap memvideokan perjalanan baik saat naik moda transportasi atau di di destinasi pilihan setelah mendapat pencerahan ini?

Leave a Reply