Tuesday, April 16, 2024
HomeDaratInilah Camper-Trike Z-Triton 2.0, Sepeda Roda Tiga Amfibi Satu-satunya yang Pre-order

Inilah Camper-Trike Z-Triton 2.0, Sepeda Roda Tiga Amfibi Satu-satunya yang Pre-order

Camper-trike atau sepeda roda tiga amfibi menjadi primadona baru di berbagai negara. Utamanya Eropa barat dan utara yang gemar bersepeda dan terdapat banyak kanal, sungai, dan danau yang menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Baca juga: Mopet, Sepeda Listrik yang Dilengkapi Tempat Anjing di Bawah Sadel

Sayangnya, sampai saat ini belum ada yang menjualnya secara resmi, sampai akhirnya Zeltini atau Z-Triton 2.0 melangkah maju dan menjadi camper-trike pertama yang mencapai tahap pre-order.

Dilansir laman resminya, camper-trike atau sepeda roda tiga amfibi Z-Triton lahir dari kegemaran sang founder, CEO, sekaligus desainer, Airgars Lauzis, bersepeda. Suatu hari, ia gowes dari London, Inggris, ke Tokyo, Jepang, sejauh 30 ribu kilometer.

Ketika itu, ia medan yang dilalui sangat beragam. Namun semuanya berhasil dilewati, kecuali air. Ia mengalami kesulitan sampai-sampai membutuhkan bantuan berupa perahu untuk menyeberangi sungai, rawa, danau, dan lainnya. Dari situ, ia kemudian terpikir untuk membuat camper-trike amfibi dan terciptalah Z-Triton 1.0 dan Z-Triton 2.0.

Sebagaimana namanya, Z-Triton 2.0, begitu juga dengan Z-Triton 1.0, adalah camper trike atau sepeda roda tiga amfibi yang tangguh di darat dan air.

Sejak tahun 2020, Z-Triton 2.0 telah melalui berbagai uji coba, baik di darat maupun di air. Camper-trike amfibi dengan panjang 3,9 m, lebar 1,45 m, dan tinggi 1,72 m tersebut rangkanya terbuat dari baja, fiberglass, poliester yang terbuat dari botol plastik daur ulang, dan bagian cetak 3D yang terbuat dari bioplastik, membuatnya kokoh namun juga ringan.

Saat menggunakan mode sepeda, Z-Triton 2.0 memiliki beberapa perbedaan dengan generasi sebelumnya.

Disebutkan, pengguna memilliki tempat duduk yang lebih tinggi dan lebih nyaman, dengan tambahan suspensi belakang, adjustable seat, rem cakram hidrolik, tujuh gear, motor display and control, lampu, usb charging, GPS, electric bike motor 1.000-W untuk membantu pengguna mengayuh sepeda.

Begitu mencapai perairan, butuh setidaknya lima menit untuk berganti mode. Mulai dari melipat roda, mengeluarkan plampung di kanan dan kiri Z-Triton, sampat mengeluarkan motor untuk menggerakkan camper-trike amfibi.

Di mode perahu ini, camper-trike amfibi Z-Triton 2.0 juga mendapat beberapa peningkatan dari versi sebelumnya, seperti motor 1.150-W yang lebih kuat yang terintegrasi ke dalam bodi kendaraan, dua buah dayung, wiper depan, lampu LED, setir lipat, tempat penyimpanan multiguna, radio, lampu sein, dan lainnya.

Baca juga: Day Limo, Perahu Amfibi Keluaran Iguana Yacht, Oke di Darat dan Lautan

Tak lupa, camper-trike amfibi Z-Triton 2.0 juga dilengkapi dengan baterai Li-ion yang bisa dicharge atau diisi melalui panel surya yang berada di bagian atas sepeda amfibi. Dalam kondisi normal, baterai ini bisa membawa camper-trike sejauh 50 km (31 mil) darat atau lebih dari 20 km (12 mil) di atas air.

Pre-order camper-trike amfibi Z-Triton 2.0 sudah dibuka dengan harga US$16.300 atau Rp223 juta (kurs 14.367). Pengiriman di Eropa diharapkan pada akhir tahun 2022 dan pengiriman ke seluruh Amerika Serikat pada tahun 2023. Menariknya, di negeri asalnya di Latvia, camper-trike amfibi Z-Triton 2.0 juga disewakan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru