Inilah Daftar Pesawat Buatan Uni Soviet dan Rusia Terlaris

0
Antonov An-225 Mriya. Foto: moneyinc.com

Sebelum era duopoli Boeing-Airbus, Uni Soviet memiliki banyak produsen pesawat berkualitas. Sebut saja Antonov, Ilyushin, Tupolev, Sukhoi, dan Yakovlev. Beberapa dari mereka bahkan membuat pesawat monumental yang terkenang sampai saat ini, seperti Antonov An-225, Ilyushin Il-14 Avia, serta pesawat supersonik Tupolev Tu-114, pesaing ketat pesawat supersonik Concorde.

Baca juga: Percaya atau Tidak, Rusia Pernah Membuat Helikopter Berkapasitas 196 Penumpang

Hanya saja, dari sekian banyak jenis dan tipe pesawat yang sudah diproduksi oleh kelima pabrikan tersebut, tak semuanya laku keras di pasaran. Lalu, pesawat apa saja yang laku dipasaran? Dilansir Simple Flying, berikut daftar pesawat-pesawat terlaris buatan Uni Soviet dan Rusia.

1. Antonov
Pabrikan yang berdiri pada tahun 31 Mei 1946 di Novosibirsk, Uni Soviet tersebut tentu sudah kondang di jagat industri kedirgantaraan dunia. Dari 30an lebih tipe pesawat yang diproduksi, mulai dari jenis pesawat penumpang, pesawat kargo, pesawat pengintai, pesawat uji, sampai pesawat glider, hanya beberapa pesawat saja yang banyak diminati operator di seluruh dunia. Salah satu yang terlaris adalah Antonov An-12.

Pesawat kargo yang awalnya dikhususkan untuk militer ini diketahui telah diproduksi Antonov sebanyak 1.248 unit antara tahun 1957 dan 1973.

Selain An-12, ada juga An-24 dengan total produksi sebanyak 1.367 unit, serta An-72 dan An-74 dengan produksi kurang lebih 200 unit. Salah satu pesawat yang pernah mengoperasikan pesawat Antonov adalah Aeroflot.

2. Ilyushin
Kendati tak sepopuler Antonov, Ilyushin nyatanya berdiri lebih dahulu, yakni pada 13 Januari 1933, di Moskow, Rusia. Kualitas pesawat buatannya juga boleh diadu dengan Antonov. Salah satu pesawat buatannya, Ilyushin Il-96-300, bahkan digunakan oleh Presiden Vladimir Putin sebagai pesawat kepresidenan Rusia, Vlad Force One.

Tetapi, itu bukanlah yang terlaris. Tercatat, Il-14, Il-12, Il-18, dan Il-62 adalah pesawat-pesawat terlaris buatan Ilyushin dengan jumlah produksi tertinggi mencapai 1.348 unit dan terendah mencapai 292 unit. Pesawat-pesawat itu pernah dioperasikan oleh Aeroflot, Air Koryo, dan Rossiya Airlines.

3. Sukhoi
Nama pabrikan Sukhoi tentu sudah tak asing jagat aviasi Indonesia. Penyebabnya, apalagi kalau bukan kecelakaan tragis Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, pada 9 Mei 2012.

Menariknya, tipe pesawat itu pulalah yang laris dipasaran, dengan total sebanyak 172 unit pesawat sampai saat ini, kendati belum satupun diproduksi dan dikirim ke maskapai. Salah satu pemesannya adalah Armavia, maskapai nasional Armenia.

4. Tupolev
Pegiat aviasi dunia, apalagi tahun-tahun dimana Tupolev memasuki masa kejayaannya, pasti sangat familiar dengan produsen pesawat tertua Uni Soviet di antara empat lainnya ini. Salah satu yang terkenal tentu Tupolev Tu-114 supersonik pesaing Concorde.

Baca juga: Antonov An-24, Jawara Pesawat Penumpang Propeller Soviet yang ‘Dijiplak’ Menjadi Xian MA60

Tetapi, berbicara pesawat terlaris, Tu-114 tidak termasuk di dalamnya. Setidaknya, ada empat pesawat terlaris Tupolev sejak pertama kali berdiri pada 22 Oktober 1922, di Moskow, Rusia, mulai dari Tu-154, Tu-134, pesawat jet kedua di dunia -setelah de Havilland Comet- Tu-104, dan Tu-124. Aeroflot adalah satu di antara banyak maskapai yang pernah mengoperasikan pesawat tersebut.

5. Yakovlev
Dibanding empat lainnya, Yakovlev hanya memiliki dua pesawat terlaris. Dua itu adalah Yak-40 dengan total produksi mencapai 1.013 serta Yak-42 dengan produksi sebanyak 185 unit. Aeroflot adalah satu di antara banyak maskapai yang pernah mengoperasikan pesawat tersebut.