Inilah Kebijakan Garuda Indonesia, Lion Air dan AirAsia Seputar Tiket di Musim Wabah Corona

0
Foto: Airbus

Virus corona atau Covid-19 yang tengah merebak di Indonesia mulai menerpa industri transportasi. Salah satu yang terkena dampak adalah maskapai penerbangan. Karena hal ini banyak penerbangan keluar negeri dibatalkan dan armada-armada di daratkan bahkan bandara pun sepi. Saat ini pun banyak maskapai yang membatalkan keberangkatannya ke dalam negeri sendiri. Hal ini disebabkan tak banyak penumpang yang naik atau sama sekali tidak ada penumpangnya.

Baca juga: Imbas Pembatalan Sejumlah Perjalanan KA Jarak Jauh, 3624 Calon Penumpang Pilih Batalkan Tiket

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Garuda Indonesia telah mengambil kebijakan terkait perubahan jadwal dan penggantian rute untuk seluruh penerbangan domestik maupun internasional. Dari laman website Garuda, bagi calon penumpang yang memiliki tiket issued sebelum dan sampai 15 Maret 2020 dengan perjalanan dari 24 Januari – 31 Mei 2020 akan ada beberapa ketentuan.

Penumpang dapat melakukan perubahan jadwal atau rute penerbangan sebanyak satu kali tanpa dikenakan biaya perubahan. Bila memilih untuk melakukan perubahan jadwal di rute yang sama dan pada kabin penerbangan yang sama di luar periode black out maka tidak ada biaya tambahan, namun sebaliknya pada periode black out akan dikenakan selisih harga dan pajak.

Garuda menuliskan lagi, bila penumpang memilih melakukan perubahan rute terbang, maka akan dikenakan selisih harga dan pajak. Sedangkan untuk penumpang yang belum memiliki keputusan untuk penggantian boleh memperpanjang masa berlaku tiket hingga 31 Maret 2020.

Setelah masa berlaku tiket diperpanjang sampai dengan 31 Maret 2021, penumpang hanya diperkenankan melakukan perubahan jadwal/rute sebanyak satu kali dengan tanggal perjalanan sampai dengan 31 Maret 2021 (complete travel). Garuda mengatakan refund dimungkinkan tetapi dalam bentuk voucher.

Nantinya voucher dapat ditukarkan sampai dengan 31 Maret 2021 dan dapat digunakan untuk pembelian tiket Garuda Indonesia dan produk Garuda Indonesia lainnya. Penukaran voucher dapat dilakukan di kantor penjualan. Khusus penerbangan code-share dengan Airline lain, reschedule harus menggunakan fare-class yang sama.

Jika menggunakan fare-class yang berbeda, maka perbedaan harga berlaku (terdapat tambahan biaya). Tanggal penerbangan baru yang berlaku untuk reschedule / reroute / redeem voucher adalah sampai dengan 31 Maret 2021 (complete travel). Perubahan jadwal, perubahan rute dan reroute dapat dilakukan melalui layanan Live Chat 24 jam Garuda Indonesia atau Call Center.

“Kami saat ini menangani jumlah permintaan yang sangat tinggi dan berusaha untuk memprioritaskan reservasi dengan tanggal penerbangan yang paling dekat. Kami menghimbau para penumpang dengan tanggal keberangkatan dalam waktu 48 jam ke depan yang menghubungi kami melalui Live Chat 24 jam dan call center. Sementara untuk penerbangan dengan waktu diluar itu, mohon menghubungi kami melalui E-Mail,” tulis pihak maskapai.

Namun berbeda dengan maskapai Lion Air yang belum himbauan khusus terkait perpanjangan status darurat bencana akibat virus corona hingga 29 Mei 2020. Namun, maskapai berlambang singa ini mengatakan telah intensif melakukan imbauan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan penerbangan seperti melakukan tes kesehatan sebelum melakukan perjalanan.

Sedangkan AirAsia menawarkan kompensasi bagi calon penumpang berupa pengubahan jadwal atau akun kredit kepada calon penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan internasional atau dari Malaysia tetapi hanya untuk penerbangan sebelum 16 Maret 2020 dengan tanggal keberangkatan hingga 30 April 2020. Setiap calon penumpang dihimbau untuk merujuk pada arahan pemerintah dan otoritas masing-masing negara sebelum memutuskan untuk bepergian.

Baca juga: Gegara Corona, Maskapai El Al Gunakan Pesawat Penumpang Kosong untuk Keperluan Kargo

Adapun daftar pembatasan perjalanan tersebut akan diperbarui dan dapat berubah dari waktu ke waktu.Jika ingin lakukan refund, maskapai ini merujuk penumpang ke sitis resmi milik AirAsia. Sebab penawaran kompensasi hanya berlaku untuk pemesanan melalui airasia.com dan bila memesan melalui agen travel bisa menghubungi agen travel untuk bantuan lanjutan.

Leave a Reply