Inilah Penerapan “The New Normal” di Bandara Bengaluru Pasca Lockdown

0
Sebelum lockdown dicabut, Bandara Internasional Kempegowda di Bengaluru rupanya telah terlebih dahulu menata diri dengan menyiapkan konsep “The New Normal”. Foto: Twitter @ralpharakal

India akhirnya selesai mengakhiri masa lockdown tahap ketiga pada 17 Mei lalu. Berbagai sektor pun mulai dibuka kembali, tak terkecuali transportasi udara. Namun, sebelum lockdown berakhir, Bandara Internasional Kempegowda di Bengaluru rupanya telah terlebih dahulu menata diri dengan menyiapkan konsep “The New Normal”.

Baca juga: India Akan Terapkan Aturan Ketat di Bandara Usai Lockdown

The New Normal yang diterapkan Bandara Internasional Kempegowda berupa terpasangnya penanda physical distancing, seperti saat antre self check-in, tempat duduk panjang di seluruh area bandara termasuk di dalamnya seluruh bangku di outlet F&B, skybridge atau garbarata, dan antrean di check-in counter.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya penumpukan, pihak bandara memang tak sampai membatasi jumlah penerbangan, sebagaimana terjadi di wilayah lain di India, melainkan mencoba mengantisipasinya dengan mendorong check-in online serta boarding pass elektronik yang juga tercetak bersamaan setelah check-in online.

Tak hanya itu, berbagai protokol kesehatan lainnya juga telah diterapkan, seperti pengukur suhu tubuh, penyemprotan disinfektan secara rutin, fogging di seluruh area terminal, dan fasilitas sanitasi. Semua dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona di bandara.

Tak lupa, tentu saja masker wajib digunakan selama di area bandara dan selama di penerbangan. Bila penumpang kedapatan tak memakai masker karena berbagai alasan, mereka dapat membeli di outlet khusus yang sudah disediakan dengan harga terjangkau. Otoritas bandara juga akan memastikan seluruh calon penumpang mengunduh aplikasi Aarogya Setu untuk melacak kontak tracing.

“Langkah-langkah yang diambil termasuk cara untuk memastikan physical distacing, thermal screening, titik-titik sanitasi dan desinfeksi, fogging di seluruh area terminal, dan kebijakan contactless di seluruh outlet di bandara, untuk memastikan para traveler melewati Bandara se-nyaman dan se-aman mungkin,” kata juru bicara Bangalore International Airport Limited (BIAL).

“Tambahan signage (penanda informasi), termasuk di lantai, tempat duduk, di papan informasi digital, dan standees telah dipasang di seluruh penjuru bandara untuk membantu penumpang menjaga jarak yang memadai. Jarak sosial juga akan diberlakukan di area parkir,” tambahnya.

Hari Marar, CEO BIAL menambahkan, para petugas, khususnya di outlet F&B juga akan diharuskan menggunakan APD, untuk melengkapi kebijakan contactless; mulai dari memesan makanan hingga mengambil dan membayarnya. Semua dilakukan guna menekan penyebaran virus coroan di bandara.

“Dengan prioritas tertinggi pada keselamatan penumpang, karyawan dan pemangku kepentingan lainnya, kami telah menerapkan serangkaian tindakan untuk melindungi penumpang dan meminimalkan paparan dari transmisi virus ketika bandara dibuka kembali,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari indianexpress.com.

Baca juga: Canggih! Italia Jadi yang Pertama Gunakan Helm Thermal Scanning di Bandara

Sebelumnya, jauh sebelum penerapan lockdown dicabut pemerintah, otoritas bandara di India memang telah menyusun rancangan “The New Normal” dengan menjanjikan aturan ketat di seluruh bandara di India, khususnya bandara internasional sebagai gerbang masuk wisawatan mancanegara.

Saat itu, terhitung sejak pertengahan April lalu, otoritas bandara dan pemerintah India telah menyiapkan payung hukum guna memberikan legalitas kepada petugas dalam bertindak di lapangan. Tak heran bila saat ini Bandara Internasional Kempegowda Bengaluru menerapakan skema tersebut, sebagai bagian dari rencana besar pemerintah.

Leave a Reply