Inilah Penjelasan PT KAI Terkait Petugas Menunduk Saat Kereta Berangkat

(Tribunnews.com)

Sebuah video baru-baru ini viral di media sosial, dimana petugas stasiun berdiri di pinggir peron stasiun kereta api. Mereka kemudian akan menunduk ketika kereta jarak jauh mulai berangkat. Perilaku petugas ini berlaku di semua daerah operasional di Jawa dan divisi regional di Sumatera.

Baca juga: Kereta Lokal Daerah Seperti Tak Terurus, Bahkan Terkesan Diabaikan PT KAI

Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo menjelaskan, ini merupakan salah satu bentuk terimakasih dan rasa hormat PT Kereta Api Indonesia (KAI) terhadap pengguna jasa yang telah percaya menggunakan jasa angkutan kereta api.

“Kegiatan ini dilakukan setiap pemberangkatan kereta api dari Stasiun Gambir maupun dari Stasiun Pasar Senen. Budaya ini dimulai sejak masa angkutan lebaran bulan Mei atau Juni 2018,” ujar Edy yang dihubungi KabarPenumpang.com, Senin (22/10/2018).

Tak hanya itu saat ditanyakan apakah budaya menghormat itu hanya ada di Daerah Operasional (Daop) 1 saja, Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin pun menjelaskan bahwa, ini bukan hanya budaya yang diberlakukan Daop 1, melainkan di seluruhnya.

“Iya berlaku juga untuk seluruh daerah operasi di Jawa dan divisi regional di Sumatera,” kata Agus.

Agus menjelaskan, bila ada pegawai atau pekerja di lingkungan PT KAI manapun dan berada di peron pemberangkatan kereta api, maka budaya menundukkan badan atau memberi hormat akan terlihat. Dia menambahkan, ini juga merupakan budaya keramahan dari pegawai atau pekerja di lingkungan PT KAI sendiri.

Baca juga: Daop 3 Cirebon: Mulai Oktober 2018, Pembatalan Tiket Dapat Dilakukan via Aplikasi KAI Access

Sebelum viral, sebenarnya, video ini juga sudah ada di berbagai media sosial. Namun kebali viral setelah seorang warganet menggunggah di Twitter dengan akun @SisiloELS, Jumat (19/10/2018). Caption yang dituliskannya berbahasa Inggris “I don’t know what it’s called, I don’t know why they do this. One thing I know: I’m touched, thrilled, and I think I had goosebumps seeing this.”

“Aku tidak tahu ini disebut apa. Aku tidak tahu mengapa mereka melakukan ini. Satu hal yang aku tahu, aku tersentuh, senang dan aku pikir aku merinding melihat ini.” Video itu kemudian dibagikan lebih dari 1.000 kali oleh warganet.