Insiden di Aberdeen Belanda, Pesawat Embraer 145 ‘Jepit’ Bombardier Q400

0
Pesawat Bombardier Q400 milik FlyBe tampak menghantam bagian sisi kanan belakang Embraer 145 dan membuatnya terjepit di bawah mesin pesawat. Foto: Newsline Media Limited via Daily Mail

Pesawat FlyBe dilaporkan menabrak pesawat lainnya milik Loganair yang tengah parkir di Bandara Aberdeen, Belanda. Dari gambar yang beredar, pesawat Bombardier Q400 tampak menghantam bagian sisi kanan belakang Embraer 145 dan membuatnya terjepit di bawah mesin pesawat.

Baca juga: Bodi Pesawat JAL Robek Gegara Tertabrak Truk Katering Garuda, “Netizen: Gaji 100 Tahun Pun Ga Akan Sanggup Bayar”

Daily Mail melaporkan, kejadian tersebut bermula saat pesawat dari maskapai yang telah bangkrut itu tengah melakukan Elephant Walk di bandara. Namun, entah apa yang merasuki pilot, alih-alih masuk ke runway, pesawat malah nyasar ke apron dan menabrak pesawat Loganair.

“Tepat sebelum jam 6 sore kemarin, jet regional Loganair Embraer 145, yang tengah parkir tanpa penumpang atau awak pesawat, ditabrak oleh pesawat Flybe Bombardier Q400, yang kami pahami saat itu sedang melakukan persiapan untuk take off setelah sekian lama di-grounded di Bandara Aberdeen,” kata juru bicara Loganair.

Dari pengakuan awak kabin FlyBe, insiden pesawat menabrak pesawat lainnya itu tidak terlalu kencang. Namun demikian, pesawat memang sempat terguncang sebelum akhirnya sedikit mendorong Embraer 145 dan bersarang di bawah mesin. Beruntung, baik dari pihak Loganair maupun FlyBe tidak ada korban jiwa maupun korban luka.

“Yang paling penting adalah tidak ada yang terluka dalam insiden itu, dengan para kru yang bekerja di pesawat eks-Flybe (yang telah bangkrut) aman, dan selamat, walaupun pesawat sempat terguncang akibat kejadian itu,” juru bicara Loganair melanjutkan.

“Kami tidak berharap bahwa kejadian malang ini akan menyebabkan gangguan (delay) kepada pelanggan pada penerbangan Loganair lainnya dari Aberdeen, sebab kami memiliki pesawat cadangan yang selalu siaga dan tersedia untuk memenuhi jadwal kami,” tambahnya.

Insiden seperti itu sejak lama memang kerap terjadi. Penyebabnya bisa karena kesalahan teknis oleh pilot atau gangguan eksternal seperti cuaca, atau bisa juga disebabkan karena terlalu banyak pesawat yang parkir di bandara; seperti apa yang menimpa dua pesawat Cathay.

Sebelumnya, pada pertengahan April lalu, menurut Travel Radar dua pesawat milik Cathay Pacific, A350 AND B777 dilaporkan bersenggolan di Bandara Hong Kong. Belum jelas waktu persis kejadian tersebut, entah kemarin atau lusa.

Namun, petugas ground control bandara mengaku, pihaknya menerima informasi adanya insiden senggolan dua pesawat pada pukul 12:30 (waktu setempat) di Taxiway J. Taxiway J belakangan memang terungkap sudah dimanfaatkan otoritas bandara untuk memarkirkan pesawat karena space yang ada sudah tak lagi menampung.

Baca juga: Tak Hanya Tabrak Tiang, Pesawat Juga Saling Bertabrakan di Apron dan Landas Pacu

Akibat dari insiden tersebut, baik Airbus A350 ataupun Boeing 777 keduanya mengalami sedikit kerusakan. Airbus A350 mengalami kerusakan pada winglet sebelah kanan sedangkan Boeing 777 rusak pada stabilizer horizontal sebelah kiri.

Senggolan antar dua pesawat Cathay Pacific pun seperti mengulang insiden serupa. Pesawat terbaru A350-1000 milik British Airways dilaporkan bersenggolan dengan pesawat Boeing 777-300ER milik Emirates di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab, pada Selasa (14/4).

Leave a Reply