Kembali Beroperasi, AirAsia Indonesia Baru Buka Dua Rute

0
AirAsia gunakan awak kabin pria untuk penerbangan ke Aceh

AirAsia Indonesia mulai kembali beroperasi pada hari ini (19/6/2020) dan akan menyesuaikan rencana penerbangan berjadwal mereka secara bertahap di rute tertentu. Selain itu dengan membuka kembali penerbangan AirAsia Indonesia akan terus memantau perkembangan situasi.

Baca juga: India Mulai Buka Penerbangan Domestik, Penumpang Disarankan Tidak Gunakan Toilet Selama di Pesawat

Mereka juga akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan penerbangan berjadwalnya. Dikutip KabarPenumpang.com dari newsroom.airasia.com, nantinya calon penumpang yang terdampak karena perubahan ini akan menerima pemberitahuan pembatalan beserta informasi pilihan kompensasi melalui email dan SMS ke nomor yang terdaftar saat pembelian tiket.

Dalam pengoperasiannya kembali, AirAsia mengimbau seluruh calon penumpang yang akan melakukan penerbangan nantinya selalu memerhatikan dan memenuhi persyaratan kesehatan, imigrasi serta pembatasan perjalanan yang ditetapkan otoritas wilayah maupun pemerintah setempat. Rute penerbangan domestik yang dioperasikan kembali oleh AirAsia Indonesia yakni Jakarta – Denpasar (PP) dan Jakarta – Medan (PP) dengan jadwal hari Senin, Rabu Jumat dan Minggu.

Adapun jam keberangkatan dari Jakarta pukul 09.25 WIB dan tiba di Denpasar 12.25 WITA, sedangkan berangkat dari Denpasar pukl 12.10 WITA dan tiba di jakarta 13.35 WIB. Sedangkan keberangkatan Jakarta – Medan berangkat pukul 12.10, tiba 14.40 WIB dan kembali dari Medan – Jakarta pukul 15.05, tiba 17.25 WIB.

Semua penumpang AirAsia yang melakukan penerbangan domestik maupun internasional wajib mematuhi ketentuan berikut sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 No.7/2020. Di mana setiap penumpang memastikan dirinya memenuhi persyaratan untuk melakukan perjalanan.

AirAsia Indonesia melakukan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh penumpang, memberikan jarak antrean dengan tanda baik di kios check in maupun konter ketika di bandara. Bahkan penumpang juga disarankan untuk check in melalui website atau aplikasi AirAsia untuk mengurangi kontak fisik.

Selain itu, AirAsia selama masa pandemi tak menjual makanan berat sehingga calon penumpang diminta untuk memesan makanan terlebih dahulu 24 jam sebelum mereka terbang baik dari situs AirAsia maupun aplikasi. Meski begitu, awak kabin tetap melakukan penjualan camilan dalam kemasan dan minuman dalam botol atau kaleng.

Untuk diketahui, AirAsia Indonesia dengak kode penerbangan QZ menghentikan sementara seluruh layanan penerbangan mereka mulai 1 April 2020. Hal ini dilakukan karena AirAsia mempertimbangkan situasi risiko wabah Covid-19 dan untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengatasi penyebarannya.

Baca juga: Tiga Maskapai Besar Ini Kompak Bebaskan “Change Fees” di Tengah Wabah Covid-19

Meski menghentikan perjalanan berjadwal saat itu, AirAsia Indonesia juga tetap menawarkan layanan penerbangan dalam repatriasi Warga Negara Indonesia maupun Warga Negara Asing. Selain itu juga menjadi pesawat kargo yang mengirim bantuan ke lokasi-lokasi yang terdampak karena pembatasan perjalanan.

Leave a Reply