Tiga Maskapai Besar Ini Kompak Bebaskan “Change Fees” di Tengah Wabah Covid-19

2
Ilustrasi maskapai anti bangkrut di dunia. Foto: Pinterest

Qatar Airways, Singapore Airlines (SIA), dan Emirates Airlines semuanya telah mengumumkan bahwa mereka akan membebaskan biaya untuk perubahan tanggal atau change fees bersamaan dengan wabah Covid-19 yang makin merebak.

Baca juga: Cegah Virus Corona di Kabin, Inilah Sejumlah Langkah yang Dilakukan Maskapai Penerbangan

Seperti dilansir laman ttgasia.com, Rabu, (11/3), pelanggan Qatar Airways dapat mengubah jadwal perjalanan mereka tanpa biaya tambahan jika tanggal perjalanan mereka jatuh antara 6 Maret dan 30 Juni 2020. Selain itu, pelanggan juga dipastikan mendapatkan kebijakan tersebut bila dilakukan setidaknya tiga hari sebelum keberangkatan.

Di samping itu, bila tidak ingin mengambil opsi refund, maskapai yang berbasis di Doha, Qatar tersebut akan memberi pelanggan opsi tambahan untuk menukarkan tiket penerbangan dengan voucher perjalanan yang dapat digunakan dalam rentang waktu satu tahun sejak voucher tersebut dikeluarkan. Adapun nilai voucher tersebut sejauh ini dilaporkan sama dengan kelebihan nominal saat proses penukaran terjadi.

Demikian pula SIA, maskapai asal Singapura tersebut akan membebaskan biaya perubahan atau reschedule untuk penerbangan antara 6 Maret hingga 31 Maret. Menariknya, kebijakan tersebut berbeda dengan ketika Cina melakukan lockdown terhadap sejumlah wilayah. Ketika itu, maskapai pada umumnya, tak terkecuali SIA, hanya menawarkan kebijakan sejenis untuk penerbangan dari dan ke Negeri Tirai Bambu tersebut saja. Kali ini, kebijakan tersebut berlaku untuk penerbangan dari dan ke semua tujuan. Kemudian, untuk penerbangan pengganti, SIA membatasinya untuk penerbangan sebelum tanggal 31 Maret 2021.

Sedangkan Emirates Airlines, pelanggan akan dapat mengubah tanggal perjalanan mereka tanpa penalti atau change fees, jika tiket mereka dikeluarkan dalam rentang waktu 7 Maret dan 31 Maret 2020, nyaris senada dengan Qatar Airways dan SIA. Bedanya, bila kedua maskapai tersebut memberikan kelonggran waktu penerbangan pengganti sebelum genap satu tahun atau 31 Maret 2021 mendatang, maskapai yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab tersebut hanya memberikan batas penerbangan pengganti hanya dalam rentang 11 bulan, dengan catatan kelas pemesanan yang sama.

Baca juga: Bak Kuburan, Inilah 8 Penampakan Sepinya Bandara di Dunia Akibat Virus Corona

Akan tetapi, khusus bagi anggota Emirates Skywards yang telah memesan dalam penerbangan antara 1 Maret dan 30 Juni akan menerima bonus 20 persen dalam Tier Miles. Tier miles sendiri adalah lawan dari Skywards Miles. Bila Skywards Miles dapat digunakan untuk membeli hadiah, Tier Miles dikumpulkan untuk membantu pelanggan menaikkan tingkat keanggotaan, seperti Blue, Silver, Gold, atau Platinum yang nantinya berujung pada penawaran menarik lainnya, mengikuti tingkat setiap keanggotaan.

Sebelum memutuskan mengubah jadwal penerbangan, penumpang disarankan untuk menghubungi maskapai terkait dengan rincian penerbangan pengganti agar bisa untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut, di samping berpotensi adanya perbedaan tarif atau pajak yang masih berlaku.

2 COMMENTS

  1. jika tiket mereka dikeluarkan dalam rentang waktu 7 Maret dan 31 Maret 2020.seharusnya maskapai Indonesia juga harus mengikuti maskapai yg telah melakukan chage fees,agar memudahkan masyaraka Indonesia yang ada di luar negeri.

  2. Qatar Airways, Singapore Airlines (SIA), dan Emirates Airlines semuanya telah mengumumkan bahwa mereka akan membebaskan biaya untuk perubahan tanggal atau change fees bersamaan dengan wabah Covid-19 yang makin merebak.

Leave a Reply