Integrated Transport Hub Hadirkan Kenyamanan Bagi Warga Woodlands Singapura

0
ITH menghubungkan persimpangan bus baru di bawah pusat perbelanjaan Causeway Point dengan stasiun MRT Woodlands, yang melayani Jalur Utara-Selatan dan Jalur Thomson-East Coast (straitstimes.com)

Woodlands Integrated Transport Hub (ITH) mulai dibuka pada Minggu (13/6/2021), yang mana kehadirannya bisa membuat perjalanan lebih lancar dan nyaman bagi warga di Woodlands, Singapura. ITH sendiri adalah persimpangan bus dengan pendingin udara yang terhubung ke stasiun MRT dan pusat perbelanjaan terdekat.

Baca juga: Terkait Pandemi, Singapura Hadirkan Aturan yang Bikin Bingung, Cek ini Biar Paham

Selain itu juga menghubungkan persimpangan bus baru di bawah pusat perbelanjaan Causwey Point dan Stasiun Wodlands yang melayani jalur utara ke selatan serta jalur pantai timur ke Thomson. Dilansir KabarPenumpang.com dari straitstimes.com (13/6/2021), persimpangan bus menggantikan Persimpangan Bus Sementara Woodlands terbuka, yang telah beroperasi sejak 2016.

Seorang ibu rumah tangga, Cheryl Sim mengatakan, menghargai kehadiran IHT karena memberikan kenyamanan yang lebih besar dari tempat berteduh biasa dan pendingin udara lebih baik. Tak hanya itu, kehadiran IHT juga membantu para pengguna transportasi serta pengunjung pusat perbelanjaan terhindar dari cuaca panas maupun hujan.

“Saya cukup senang dengan simpang susun baru karena memiliki AC dan pencahayaan yang baik, sehingga terasa lebih nyaman dan semarak. Persimpangan bus lama agak panas dan gelap,” kata wanita 42 tahun tersebut.

Tak hanya itu, sebanyak 25 dari 29 layanan bus yang beroperasi di persimpangan sementara telah pindah ke ITH, empat layanan bus yakni 925/925M, 950, 961/961M dan 965 yang akan terus berjalan di persimpangan sementara dan berada di samping ITH.

Otoritas Transportasi Darat (LTA) mngatakan, untuk membantu penumpang di kursi roda dan orang tua dengan kereta bayi, persimpangan bus baru memiliki area naik dan turun bebas hambatan serta tepi trotoar bertingkat. Untuk meningkatkan keselamatan, persimpangan bus juga dilengkapi dengan sistem peringatan mundur dengan lampu berkedip untuk memperingatkan kapten bus ketika bus lain mundur di dalam area parkir.

LTA menambahkan bahwa selain fasilitas penumpang, ITH juga dilengkapi dengan fasilitas yang ditingkatkan untuk pekerja transportasi, seperti kantin staf ber-AC, toilet staf khusus, ruang pembersih, dan ruang staf. Melvin Yong, MP untuk Radin Mas dan sekretaris eksekutif Serikat Pekerja Transportasi Nasional (NTWU), mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada hari Minggu bahwa sementara kantin terbuka hanya untuk pekerja angkutan umum yang bertugas untuk makan untuk saat ini, itu dapat menampung hingga 30 pelanggan ketika langkah-langkah manajemen aman Covid-19 dilonggarkan.

Baca juga: 20 Unit Bus SMRT Singapura Dikonversi Jadi Ambulans

Dioperasikan oleh SMRT, Woodlands ITH adalah hub ke-11 di Singapura. Dengan luas 41.500 meter persegi, itu juga yang terbesar sejauh ini. Sedangkan sepuluh ITH lainnya berada di Ang Mo Kio, Bedok, Boon Lay, Clementi, Joo Koon, Sengkang, Serangoon, Toa Payoh, Bukit Panjang dan Yishun.

LEAVE A REPLY