Intelsat dan Airbus Sukses Kirim Pesawat dengan In-Flight Antenna ke Cathay Pacific

0
Salah satu armada Airbus A321neo Cathay Pacific sudah dilengkapi dengan sistem internet berkecepatan tinggi. Foto: Cathay Pacific

Intelsat dan Airbus belum lama ini menuntaskan pengiriman pesawat A321neo ke Cathay Pacific. Tak seperti pesawat kebanyakan, pesawat tersebut diketahui sudah terinstall antena Intelsat 2Ku di pabrik Hamburg, Jerman, sebagai bagian dari Layanan Konektivitas Bandwidth Tinggi (HBCS).

Baca juga: Keren, Tahun 2022 Pesawat Airbus Terhubung Internet Berbasis Satelit Berkecepatan 1,8 Gbps!

Antena Intelsat 2Ku memungkinkan maskapai untuk mengakses jaringan satelit Intelsat global. Dengan begitu, para penumpang maskapai dijamin bakal mendapat pengalaman baru mengakses inflight entertainment and connectivity (IFEC) atau internet berkecepatan tinggi.

Mengingat maskapai memilih opsi pemasangan sistem Intelsat 2Ku di pabrik Airbus, itu berarti sistem tersebut bisa langsung dinikmati penumpang sejak pertama kali pesawat dioperasikan.

“Kami merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Airbus dan Cathay Pacific untuk membuat penawaran katalog yang substansial ini,” kata Dave Bijur, Commercial Aviation business division Intelsat, dikutip dari satelliteprome.com.

“Menjadi bagian dari perusahaan satelit terbesar di dunia menciptakan peluang besar untuk memperluas layanan yang kami tawarkan dan armada yang kami layani. Kami telah bekerja sama dengan Airbus untuk mengirimkan pesawat linefit, dan dengan senang hati sekarang mewujudkannya,” tambahnya.

Sementara itu, General Manager Customer Experience and Design Cathay Pacific, Vivian Lo, mengaku menghadirkan internet berkecepatan tinggi di dalam penerbangan penting. Selain dibutuhkan pelanggan, ini juga menjadi semakin melecut semangat maskapai untuk terus berinovasi pada layanan.

“Kami senang dapat memperluas kemitraan kami dengan Intelsat ke armada A321neo, menambah armada jarak jauh yang terhubung sepenuhnya dan pesawat berbadan lebar regional yang sudah terbang dengan WiFi,” jelasnya.

“Menghubungkan pesawat jarak pendek baru ini sangat penting di dunia modern untuk perjalanan bisnis dan liburan,” ujarnya.

“Sebagai operator layanan premium, Cathay Pacific bertekad untuk berinovasi dan meningkatkan pengalaman terbang jarak pendek dengan menawarkan konektivitas, hiburan dalam pesawat 4K sandaran tempat duduk, dan pemasangan headphone Bluetooth pada armada A321neo kami yang baru,” tutupnya.

Baca juga: Airbus A320 Qingdao Airlines Dilengkapi Sistem Internet Satelit Berkecepatan Tinggi 100 Mbps

Intelsat saat ini memanfaatkan hak orbital dan spektrum globalnya, skala dan kemitraan untuk membangun ” network of networks” berbasis satelit 5G global pertama di dunia.

Intelsat tentu tidak sendirian bermain di pasar penyedia layanan internet dalam penerbangan di pesawat. Sebelumnya, Airbus A320 Qingdao Airlines diketahui berhasil terbang pertama usai dilengkapi sistem internet satelit berkecepatan tinggi buatan perusahaan dalam negeri, XstreamSAT.