Awak Kabin Bagikan Lima Hal yang Tak Disarankan dalam Penerbangan, Termasuk Jangan Gunakan Celana Pendek

0
Tommy Cimato (TikTok)

Belum lama ini seorang TikToker diteriaki awak kabin karena pakaian yang digunakannya. Nah, seorang awak kabin, Tommy Cimato juga baru-baru ini membagikan lima hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang penumpang pesawat.

Baca juga: Gara-gara Pakaian, TikToker Diteriaki Awak Kabin Sebelum Masuk Pesawat

Sebab bukan rahasia lagi meski ada peningkatan sanitasi pandemi dan pembersihan, pesawat terkendal bukan ruang terbersih saat penumpang berada di dalamnya. Apalagi di dalam pesawat banyak penumpang lainnya dan akan bepergian dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan risiko tertular kuman.

KabarPenumpang.com melansir entrepreneur.com (3/8/2021), memiliki lebih dari 108 ribu pengikuti di TikTok, Tommy membagikan salah satu dari lima hal yang paing tidak disarankan dilakukan dalam penerbangan yakni mengenakan celana pendek. Dalam video yang sudah dilihat lebih dari 3,3 juta kali, membahas daftar lima perilaku yang harus dipraktikkan di pesawat, termasuk minum 16 ons air per penerbangan, tidak menyentuh tombol flush di kamar mandi dengan tangan kosong dan tidak tidur di jendela.

Semua ini tampaknya relatif masuk akal ketika memikirkan risiko kuman, tetapi Cimato menjelaskan bahwa mengenakan celana pendek dan membiarkan kaki Anda terkena kursi sama berisikonya.

“Jangan atau cobalah untuk tidak memakai celana pendek saat berada di pesawat. Sama halnya dengan jendela, Anda tidak pernah tahu seberapa bersih nantinya. Jadi jika gunakan celana lain selain celana pendek untuk menghindari lebih sedikit kuman,” katanya dalam video.

Postingan tersebut telah mengumpulkan lebih dari 462 ribu komentar dengan banyak yang mempertanyakan apakah tips Tommy berarti bahwa pesawat tidak selalu dibersihkan dengan benar.

“Jadi kalian tidak membersihkannya setelah setiap penerbangan,” pengguna Criss Carrillo bertanya.

“Jadi pada dasarnya Anda mengatakan bahwa Anda tidak membersihkan/mensanitasi pesawat setelah setiap penerbangan,” tulis pengguna lain.

Tommy memang menanggapi satu pengguna yang memposting pertanyaan “Apakah mereka tidak membersihkan setiap penerbangan?”

“Crew darat melakukan semua pembersihan pesawat, mereka mencoba yang terbaik untuk menjaganya tetap bersih. Tapi ini untuk berjaga-jaga jika terlewatkan!,” tulis Tommy.

Baca juga: Gandeng TikTok, Penumpang American Airlines Kini Bisa TikTok-an Saat Pesawat di Udara

Sebuah laporan oleh badan transportasi udara Perserikatan Bangsa-Bangsa (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional) menunjukkan bahwa industri penerbangan secara keseluruhan kehilangan sekitar $370 miliar pada tahun 2020 berkat pandemi, dengan jumlah penumpang anjlok hampir 60 persen dari tahun sebelumnya. Dalam videonya, Tommy tidak mengungkapkan di maskapai apa dia bekerja.