Intip Deretan Koleksi Jet Pribadi Bill Gates yang Picu Kontroversi

0
Bill Gates dan Warrent Buffet. Foto: Twitter NetJets

Bill Gates belakangan menjadi sorotan lantaran perceraiannya dengan Melinda Gates. Orang terkaya keempat di dunia itu menyusul orang terkaya pertama di dunia, Jeff Bezos, yang sudah bercerai lebih dahulu dengan pasangannya MacKenzie Scott pada 2019.

Baca juga: Bill Gates Ramai Disebut Telah Beli Kapal Pesiar Mewah Seharga Rp8,8 Triliun, Ini Faktanya!

Perceraian Bill Gates (termasuk Jeff Bezos) pun ramai diperbicangkan. Bagaimana bisa harta yang selama ini dinilai membuat sebuah rumah tangga langgeng justru tak bekerja sama sekali. Pada akhirnya, netizen sadar bahwa harta tak selamanya mendatangkan kebahagiaan dalam konteks berumah tangga.

Terlepas dari percerainnya dengan Melinda Gates, Bill Gates memang sudah sejak lama menjadi sosok yang kontroversial; terlebih pasca menjadi aktivis lingkungan. Menurut banyak kalangan, tindakan dan gagasannya sering kali tak sinkron.

Di satu sisi ia terus menggalakkan kampanye lingkungan, menulis banyak buku tentang lingkungan (salah satunya berjudul ‘How To Avoid Climate Disaster’), dan mendanai banyak program lingkungan. Tetapi di sisi lain, ia terus menyumbang emisi karbon atau karbon dioksida melalui empat pesawat jet pribadi miliknya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Lund di Swedia menunjukkan bahwa pada tahun 2017, Bill Gates melakukan 59 penerbangan dengan jet pribadi, melepaskan sekitar 1.600 ton CO2, dibandingkan dengan rata-rata global yang kurang dari lima ton per orang.

Kendati demikian, ia mengklaim telah menggunakan bahan bakar ramah lingkungan dan mendanai banyak program untuk mengurangi emisi karbon.

Menurut Private Jet Charter Bill Gates memiliki empat pesawat jet pribadi berupa dua Gulfstream G650ER (menggantikan dua jet Bombardier 700 Global Express yang sudah tua), masing-masing bernilai hampir US$70 juta, dan dua Bombardier Challenger 350, bernilai US$ 27 juta per unit.

Pesawat Gulfstream G650ER mampu memuat 11 sampai 18 penumpang dengan jangkauan maksimum 13.890 km dan melesat maksimum Mach 0,90 per jam. Jet tersebut dilaporkan memegang rekor penerbangan jet bisnis tercepat dan terjauh saat terbang antara Singapura dan Tucson, Arizona, AS dalam waktu 15 jam dan 23 menit pada 2019.

Dari segi interior, pesawat tersebut terbagi menjadi empat area untuk bekerja, hiburan, dan relaksasi. Kursinya yang bisa berubah menjadi tempat tidur terbuat dari kulit handmade, membuatnya makin mewah. Di dunia, ada 400 Gulfstream G650 yang beroperasi, salah satunya milik Jeff Bezos.

Baca juga: Inilah Airbus ACJ319neo, Jet Pribadi Crazy Rich yang Terinspirasi Mobil Sport

Sedangkan Bombardier Challenger 350 disebut mempunyai kabin paling besar dan paling tenang di kelasnya. jet ini dapat membawa hingga 10 penumpang. Jangkauan terjauh jet ini mencapai 5.900 km serta mampu melesat di kecepatan tertinggi mencapai Mach 0.83.

Selain itu, Bill Gates juga memiliki Eurocopter EC135, yang ia tersimpan rapi di helipad apungnya di Danau Washington serta pesawat amfibi Cessna 208 Amfibi Caravan.