Intip Kemewahan Konsep Pesawat Boeing 787 Nike Khusus Atlet

0
Salah satu desain ruangan pada konsep pesawat khusus atlet. Foto: Nike Teague

Nike tak pernah bosan melakukan berbagai inovasi untuk mengoptimalkan kinerja dan kesehatan atlet di seluruh dunia. Belum lama ini, salah satu perlengkapan dan peralatan olahraga terbesar di dunia itu dikabarkan merilis konsep pesawat Boeing 787 Dreamliner yang dirancang khusus untuk para atlet.

Baca juga: “Double Bubble,” Konsep Pesawat Unik Berbahan Bakar Ramah Lingkungan

Dilansir onemileatatime.com, konsep pesawat yang dikembangkan bersama dengan konsultan desain global asal Amerika Serikat (AS), Teague, ini merupakan jawaban atas berbagai keluhan atlet, staf, pelatih, dan tim dokter saat mengarungi jadwal padat kompetisi. Selama ini, mereka mengungkap bahwa perjalanan panjang atau singkat sekalipun yang tak didukung sarana prasarana memadai -dalam kaitannya dengan atlet- acap kali membuat performa tim menjadi kurang maksimal.

Setelah menjaring keluhan dan masukan dari mereka, Nike dan Teague akhirnya berhasil berinovasi dengan konsep pesawat tersebut. Setidaknya, ada empat hal yang difokuskan di pesawat Boeing 787 Dreamliner khusus untuk para atlet atau tim olahraga ini, mulai dari pemulihan, sirkulasi, istirahat, dan berpikir.

Workout Room. Foto: Nike Teague

Pemulihan di sini maksudnya ialah meminimalisir efek negatif penerbangan pada pikiran dan tubuh; termasuk seolah memindahkan pusat pelatihan ke dalam pesawat melalui in-flight biometrics dan berbagai analisa untuk mempercepat diagnosis dan cedera.

Sirkulasi di sini lebih ke arah bagaimana menjaga stamina dan kebugaran para atlet selama di perjalanan, termasuk di dalamnya mendukung proses penyembuhan para atlet melalui berbagai sarana prasarana berteknologi canggih ataupun konvensional layaknya pusat kebugaran di darat.

Sedangkan istirahat ialah konsep untuk membantu seluruh atlet dan tim mendapatkan posisi atau strategi tidur yang ideal. Tujuannya, ketika bangun dan balik ke darat, seluruhnya bisa mendapatkan kembali kebugaran fisik seperti sediakala, untuk melanjutkan kompetisi.

Sleep Pod. Foto: Nike Teague

Adapun berpikir, maksudnya ialah menciptakan ruang untuk pengelolaan mental dengan melihat kembali video pertandingan diselingi dengan analisis dari tim maupun pelatih, baik sebelum maupun sesudah pertandingan. Tujuannya, tentu agar tak mengulangi kesalahan yang sama dan membuat tim menelan kekalahan.

Saat ini, pesawat Boeing 787 Dreamliner khusus atlet besutan Nike dan Teague masih sebatas prototipe dan tengah menunggu pesanan dari tim olahraga di dunia. Namum demikian, tim-tim olahraga di dunia dikabarkan antusias untuk bisa memiliki pesawat tersebut demi kesuksesan tim.

Diketahui, tim-tim olahraga di dunia umumnya lebih suka men-charter pesawat mengingat kebutuhan perjalanan udara mereka cukup rendah. Namun, tak sedikit tim-tim olahraga yang menganggarkan hingga jutaan dolar untuk mencharter pesawat; salah satunya tim football asal AS, New England Patriots, yang menganggarkan hingga US$4 juta per musim. Karenanya, mereka pun memutuskan untuk membeli pesawat Boeing 767 bekas pada 2017 lalu.

Therapy Room. Foto: Nike Teague

Nike dan Teague sendiri sebetulnya belum merilis harga resmi konsep pesawat Boeing 787 dreamliner khusus atlet. Namun, diperkirakan pesawat tersebut bakal dibanderol hingga US$200 juta lebih. Tentu angka yang cukup besar bila persentase penggunaannya rendah. Tetapi, kedua perusahaan pelopor konsep pesawat tersebut percaya, di masa mendatang, tim-tim olahraga tak akan sungkan untuk berinvestasi lebih demi kesuksesan mereka.

Baca juga: Intip Paten Airbus untuk Konsep Donat Terbang, Pesawat Andalan di Masa Depan?

“Setiap tim profesional fokus untuk menarik pemain terbaik dan mendapatkan performa terbaik dari para pemain itu. Pusat kebugaran modern, permukaan bermain yang lebih baik, dan ruang rehabilitasi mutakhir semuanya berkontribusi pada hal ini. Tetapi sesuatu yang jelas hilang: investasi dalam cara perjalanan tim olahraga profesional,” jelasnya.

“Jadi kami berkolaborasi dengan para peneliti, ahli strategi, dan desainer di Nike untuk mengembangkan interior Boeing 787 Dreamliner yang sangat disesuaikan, dibuat untuk melayani atlet profesional selama mereka di jalan,” pungkasnya.

Leave a Reply