Swedia dan Finlandia Putuskan Bangun Jalur Kereta Api

0
Ilustrasi jalur kereta Skandinavia (schengenvisainfo.com)

Selama hampir 30 tahun, perjalanan kereta api antar dua negara di Skandinavia ini tidak berfungsi. Karena hal ini, Swedia dan Finlandia kemudian memutuskan untuk membangun koneksi kereta api untuk penumpang.

Baca juga: Swedia Bebaskan Rakyatnya Pilih Nama Sebuah Kereta

Pihak berwenang menginformasi bahwa stasiun perbatasan Swedia di Haparanda dibuka kembali untuk penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api pada 1 April. KabarPenumpang.com dilansir schengenvisainfo.com (8/4/2021), ternyata selama hampir tiga dekade, Swedia dan Finlandia belum memiliki koneksi kereta penumpang meski keduanya bertetangga.

Namun, popularitas perjalanan kereta api telah tumbuh secara signifikan karena masalah lingkungan, yang mendorong pihak berwenang untuk mempertimbangkan kembali menggunakan bentuk perjalanan ini. Akibatnya, kedua negara memutuskan untuk mengambil langkah penting dalam membangun koneksi lintas batas melalui kereta penumpang setelah mempertimbangkan situasi saat ini.

Selain itu, pihak berwenang Finlandia telah memutuskan untuk melistriki jalur bentangan 20 km antara Laurila, sebuah desa yang berbatasan di barat laut Finlandia, dan perbatasan Swedia. Skema elektrifikasi trek ini didanai oleh Uni Eropa pada Juli 2020, dengan Finlandia menerima total bantuan €1,6 juta.

Selain itu, pihak berwenang juga berencana memperbarui dan melistriki jembatan kereta api yang melintasi Sungai Tornio. Namun keputusan tentang pendirian dan pembiayaannya belum disetujui.

“Sejauh ini, mereka kebanyakan datang dengan pesawat, tetapi sekarang ini memberikan peluang bahwa di masa depan, karena perjalanan kereta api menjadi semakin populer, Anda bahkan dapat bepergian dengan kereta api dari Eropa Tengah sampai ke Lapland, keduanya ke pihak Swedia dan pihak Finlandia juga,” kata Manajer Eksekutif Badan Pariwisata Lapland Finlandia Nina Forsell, mengomentari pembangunan koneksi kereta api.

Forsell lebih lanjut menjelaskan bahwa sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Lapland lebih cenderung menikmati alam melalui perjalanan kereta api yang lambat dan indah selama penerbangan. Lapland siap untuk merevitalisasi koneksi kereta penumpang karena melihat peluang baru terkait sektor perjalanan dan pariwisata serta ekonomi Finlandia akan berkembang.

Sebelumnya pada bulan Maret, Swedia menduduki peringkat teratas dalam Indeks Perjalanan Berkelanjutan Euromonitor International di antara 99 negara di seluruh dunia untuk keterlibatan keberlanjutan lingkungan dan sosial secara keseluruhan serta untuk mendukung kebangkitan sektor perjalanan dan pariwisata yang ramah lingkungan. Selain Swedia, Finlandia menempati peringkat kedua.

Baca juga: Tak Ada Lockdown di Swedia, Warga Stockholm Justru Terlihat Santuy

Karena pembatasan perjalanan antara Swedia dan Finlandia, belum diumumkan kapan koneksi kereta penumpang akan berfungsi penuh antara kedua negara. Sebelumnya, Swedia telah memperpanjang pembatasan perjalanan yang tidak penting ke negara-negara yang bukan bagian dari Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa dan Inggris hingga setidaknya 31 Mei 2021, karena situasi Covid-19 saat ini.

Leave a Reply