Intip Restoran Anti Covid-19 di Turki, Pengunjung Tak Perlu Kenakan Masker!

0
Restoran Turkce Meze, di Sutluce, distrik Beyoğlu, Istanbul, Turki mengizinkan pelanggan tak menggunakan masker. Foto: Global Times

Covid-19 memaksa masyarakat di dunia memulai era kenormalan baru atau New Normal. Pakai masker, hand sanitizer, cuci tangan, sarung tangan, hingga physical distancing mungkin menjadi beberapa hal baru yang mesti dibiasakan.

Baca juga: Dari Amerika, Inggris, Thailand Hingga Lebanon, Ini Cara Unik Masyarakat Terapkan Social Distancing

Demikian juga dengan dunia usaha, berbagai inovasi pun dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Di antara inovasi unik dunia usaha di berbagai dunia, restoran di Turki mungkin menjadi salah satu yang menarik.

Restoran Turkce Meze, yang terletak di Sutluce, distrik Beyoğlu, Istanbul ini, alih-alih menawarkan jasa hanya take away atau tak menerima layanan makan di tempat, sebagaimana banyak restoran lainnya di dunia, justru membebaskan pelanggan datang dan makan minum di tempat. Bahkan, restoran juga membebaskan pelanggan untuk tak mengenakan masker.

Hal itu dimungkinkan (untuk tak mengenakan masker) karena pihak pengelola restoran menghadirkan lapisan atau pembatas khusus yang menyerupai balon yang bisa ditiup. Di dalamnya kemudian dapat dijumpai meja dan kursi. Suasana pun tampak lebih eksklusif dan pastinya menjamin rasa aman dari Covid-19. “Klien kami terlindungi dan aman dari virus Corona,” ujar pemilik restoran Turkce Meze, Cevdet Aysas, sebagaimana dikutip dari Global Times.

Wujud restoran bebas Covid-19. Foto: Global Times

Aysas bercerita, ide untuk menciptakan sejumlah zona berbeda (zona private) di mana pengunjung dapat menikmati makanan tanpa perlu merasa takut virus tersebut datang setelah wabah Covid-19 menyerang Turki pada bulan Maret lalu.

Saat ini, Aysas setidaknya telah membuat delapan zona private yang terbuat dari material polycarbonate menyerupai balon. Lebih lanjut, Aysas juga menegaskan, timnya pun rutin membersihkan area tersebut dengan generator ozone dan sinar ultraviolet.

Agar lebih aman, pihak restoran Turkce Meze juga menyediakan hand sanitizers dan pembersih lainnya di tiap meja. Jadi selain menghadirkan jaminan keamanan dari Covid-19, pengunjung juga diberi cairan pembersih.

Tak sampai situ, pihak pengelola restoran juga membatasi interaksi antara tamu dan pelayan dengan seminimal mungkin. Pengunjung pun bisa memanggil pelayan dengan menekan tombol yang tersedia, di mana nantinya pihak pelayan akan datang menggunakan masker, face shields and sarung tangan.

Baca juga: (1) 15 Inovasi Interior Cegah Penyebaran Covid-19 di Pesawat, Nomor 8 Paling Canggih

“Tamu kami diwajibkan memakai masker di lingkungan publik, tapi bebas di area dalam zona tersebut,” ujar Aysas.

Lebih lagi, pengunjung restoran juga diwajibkan melakukan reservasi lebih dulu. Setiap kunjungan pun dibatasi sekitar tiga jam saja. Dengan berbagai peraturan tersebut, tak mengherankan bila restoran merasa yakin untuk mengizinkan pelanggan melepas masker. Hanya saja, aturan boleh melepas masker di restoran Turkce Meze hanya saat berada di dalam zona saja, di luar itu tetap harus pakai masker sekalipun masih di area restoran.

Leave a Reply