Irkut MC-21 300, Burung Besi Asli Rusia yang Siap Goyang Pasar Narrow Body Airbus dan Boeing

0
Irkut MC-21 300. Sumber: istimewa

Manufaktur pesawat asal Negeri Beruang Merah, Irkut agaknya bakal berupaya untuk merangsek masuk ke jalur persaingan dan bersanding bersama dua raksasa yang sudah terlebih dahulu memiliki pasarnya masing-masing, Boeing dan Airbus. Mengambil fokus di pesawat narrow body, di sini Irkut MC-21 300 siap untuk menjadi pesaing utama dari varian pesawat serupa milik Boeing dan Airbus, 737 MAX dan A320neo.

Baca Juga: Mengenal Irkut MC-21, Pesawat Produksi Rusia yang Jadi Calon Armada Merpati Airlines

Kendati dipastikan bakal menemui tembok tebal nan tinggi untuk meruntuhkan kedigdayaan dua merk dagang tersebut, namun Irkut tetap optimis untuk melangkah maju dengan cara menempatkan salah satu model pesawatnya di pagelaran MAKS Moscow Air Show pada akhir Agustus kemarin. Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman paxex.aero (29/8), seat-configuration dari MC-21 300 tampak tidak terlalu berbeda jauh dengna dua rivalnya – dua konfigurasi kelas.

Hanya saja, lebar kabin dari MC-21 300 ini sedikit lebih lega ketimbang pesawat single-aisle rilisan Airbus, dimana pesawat Rusia ini memiliki lebar kabin 4,05 meter – lebih seperempat meter dari varian A320. Dengan ukurannya ini, kabin Irkut MC-21 didapuk sebagai yang terlega di kelasnya dan diharapkan mampu memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang.

Pesawat percontohan ini menampilkan tata letak kelas ekonomi yang mencapai 163 bangku penumpang, dimana masing-masing bangku berukuran 18-18,5” dan lebar gangway mencapai 20-22”. Sementara itu lebar gangway ini cukup untuk dilewati oleh troli katering dan oleh satu orang lainnya – tidak seperti gangway pada pesawat lain, dimana penumpang atau awak kabin yang hendak ‘menyalip’ troli katering ini harus minggir terlebih dahulu.

Selain itu, kelengkapan di dalam kabin yang akan meningkatkan pengalaman penumpang juga tidak luput dari perhatian Irkut. Sistem pencahayaan LED di dalam kabin, layar hiburan, serta port USB type A juga tersemat untuk memanjakan penumpang. Bahkan, konon kabarnya, penumpang juga dapat mengakses fasilitas wi-fi gratis selama penerbangan – kendati pihak Irkut masih enggan menyebutkan siapa yang menjadi vendor untuk urusan ini.

Baca Juga: Antara Merpati Air, Kim Johanes Mulia dan Sukhoi SJ100

Tidak dijelaskan secara rinci kapan pesawat ini bisa masuk ke layanan reguler, tapi satu yang pasti, Irkut MC-21 300 harus terlebih dahulu mendapatkan sertifikasi dari otoritas penerbangan Rusia dan Baran Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) sebelum memulai penerbangan mengangkut penumpangnya.

 

Leave a Reply