Jangan Lupa, Ada Aturannya Saat Turunkan Sandaran Kursi Pesawat

Sadarkah Anda sebagai penumpang pesawat dengan sebuah tombol bulat kecil yang berada di sandaran tangan pada kursi? Bila sadar tahukah Anda sebagai penumpang apa kegunanaannya? Mungkin sebagian besar penumpang sadar dan paham akan kegunaannya. Salah satunya untuk mengangkat sandaran tangan dan menurunkan serta menegakkan kursi.

Baca juga: Berkat Lubang Kecil Ini, Jendela Pesawat Dipastikan Bebas Kabut

Ya, sebenarnya yang akan dibahas adalah ketika penumpang butuh meregangkan otot-otot dengan menurunkan sadaran kursi di pesawat. KabarPenumpang.com merangkum dari laman smartertravel.com, menurunkan sandaran kursi di jarak antar kursi penumpang yang hanya sedikit sebenarnya di perbolehkan asal tidak mengganggu penumpang yang ada di belakang Anda.

Nah bagaimana caranya agar tidak terjadi keributan atau saat makan tiba-tiba kursi depan mundur dan membuat makanan tumpah? Berikut ini aturan mudahnya.

Aturan #1 (Lihat kebelakang)
Sebelum menurunkan sandaran kursi, meliriklah kebelakang dengan sopan. Ini cara mudah untuk memberitahukan penumpang di belakang bahwa Anda akan menurunkan sedikit sandaran kursi.

Aturan #2 (Jangan turunkan sandaran selama layanan makan)
Menikmati layanan makanan yang diberikan oleh maskapai menjadi hiburan kecil selama penerbangan untuk mengurangi kebosanan. Sekitar 10-15 menit setidaknya Anda bisa melakukan sesuatu selain tertidur. Saat ini, janganlah menurunkan sandaran kursi, karena akan menyulitkan penumpang di belakang atau bahkan makanan dan minuman yang tengah mereka nikmati tumpah.

Aturan #3 (Mundurkan sesuai kebutuhan)
Karena jarak kursi satu dengan lainnya tidak begitu jauh, baiknya mundurkan sedikit atau sesuai kebutuhan. Mungkin beberapa penumpang hanya butuh satu sampai dua inci untuk menurunkan sandaran kursi demi meregangkan tubuhnya yang kaku.

Aturan #4 (Izin yang sopan)
Selain melirik, bila memang bisa katakanlah pada penumpang di belakang Anda. Dengan begitu mereka pasti akan memaklumi kebutuhan Anda untuk menurunkan sandaran kursi. Hal ini juga agar tidak terjadi kesalahpahaman dan membuat keributan karena sandaran kursi.

Baca juga: Jadi Baiknya Sebagai Penumpang Pesawat Duduk di Kursi Mana?

Ya, sebagai penumpang pasti butuh untuk merebahkan diri dengan memundurkan sandaran apalagi bila penerbangan yang dilakukan lebih dari dua jam. Jadi, apakah Anda sudah melakukan aturan ini saat akan menurunkan sandaran kursi?