Jelang Olimpiade Musim Panas 2020, Bandara Haneda Tingkatkan Kapasitas Penerbangan

terminal 2 Bandara Haneda. Sumber: mhs.co.jp

Sebagai salah satu upaya untuk menyambut perhelatan Olimpiade dan Paralympic Games yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang, Jepang seolah tiada henti untuk melakukan peningkatan di segala sektor – tidak terkecuali sektor aviasinya. Dikabarkan perusahaan penerbangan Jepang dan Amerika Serikat akan dialokasikan untuk menempati sekira setengah dari 50 slot tambahan yang akan dibangun di Bandara Internasional Haneda, Tokyo. Pernyataan tersebut dilontarkan langsung oleh Menteri Transportasi Jepang, Keiichi Ishii.

Baca Juga: Sambut Olimpiade 2020, Bandara Jepang Siapkan Kemudahan Bagi Penyandang Disabilitas

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman japantimes.co.jp (12/2/2019), sebanyak 12 slot harian akan diberikan kepada maskapai penerbangan asal Negeri Matahari Terbit, sedangkan 12 slot lainnya akan dilimpahkan kepada maskapa penerbangan asal Negeri Paman Sam. Dengan diberlakukannya regulasi ini, maka Menteri Keiichi menargetkan dapat memboyong sekira 40 juta pelancong asing ke Jepang di tahun 2020 mendatang.

“Kami akan menggunakan (slot baru) untuk memperluas jumlah pelancong menuju Jepang dan meningkatkan daya saing internasional Jepang,” ujar Menteri Keiichi dalam sebuah konferensi pers beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Jepang berencana untuk memperkenalkan jalur penerbangan baru di atas pusat kota Tokyo pada musim semi 2020 untuk menciptakan slot kedatangan dan keberangkatan baru di Haneda, yang sudah menyandang predikat sebagai bandara tersibuk keempat di dunia dalam hal total lalu lintas penumpang pada tahun 2017 kemarin.

Namun karena banyaknya protes yang dilayangkan oleh penduduk sekitar akibat kekhawatiran mereka terhadap kebisingan yang mungkin akan ditimbulkan, Kementerian Transportasi perlu menambahkan satu fase tambahan, yaitu menambahkan serangkaian sesi pengarahan tentang dampak yang diharapkan dari adanya peningkatan jadwal penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Haneda.

“Kami akan menggunakan prosedur formal dan memutuskan (pada rencana) setelah mendapatkan persetujuan lokal,” terang Menteri Keiichi.

Baca Juga: Sambut Olimpiade Musim Panas 2020, Jepang Siap Hadirkan Layanan Free WiFi di Seluruh 

Bulan lalu, Jepang mencapai kesepakatan dasar dengan Amerika Serikat untuk mengelola rute baru untuk penerbangan komersial di wilayah udara yang dikendalikan militer A.S. di atas bagian Tokyo dan sekitarnya.

Perjanjian tersebut memungkinkan Jepang untuk memperluas slot kedatangan dan keberangkatan tahunannya untuk penerbangan internasional di Haneda dari angka 60.000 ke angka 99.000, kendati ‘pertandingan’ Olimpiade 2020 belum mulai.